"Makan Bajamba" meriahkan HUT Pasaman Barat Ke-15

id Makan bajamba di acara HUT

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Bupati Pasaman Barat, Syahiran, Wakil Bupati, Yulianto dan jajaran Forkominda serta ribuan peserta saat makan bajamba dalam rangka HUT Pasaman Barat ke-15 di Balerong Pusako Anak Nagari, Senin (7/1).

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan makan bajambaatau makan dengan duduk bersama dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-15 di Balerong Pusako Anak Nagari, Senin (7/1).

"Makan bajamba ini merupakan tradisi yang perlu dipertahankan sebagai bentuk kebersamaan tanpa menilai status sosial yang ada," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran.

Ia mengatakan makan bajamba itu dilaksanakan setelah sidang paripurna di DPRD Pasaman Bara.

Menurutnya makan bajamba merupakan tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minang dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan.

"Kita memilih Balerong Anak Nagari sebagai lokasi makan bajamba nantinya. Makan bajamba Diperkirakan diikuti 1.000 orang," ujarnya.

Menurutnya makan bajamba mengandung makna yang sangat dalam. Dimana tradisi makan bersama ini akan memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat perbedaan status sosial.

Sebelum makan bajamba dimulai dengan mengadakan kirab manjunjung dulang yang dilakukan oleh perwakilan perempuan dari masing-masing organisasi perangkat daerah, kecamatan dan nagari. Para perempuan memakai baju kurung basiba ciri khas baju kurung Minang.

"Manjunjung dulang itu dengan membawa bekal makan bajamba yang dibawa dan dijujung di atas kepala. Setelah berkumpul di depan kantor Polres Pasaman Barat berjalan bersama menuju Balerong Pusako Anak Nagari di belakang rumah dinas bupati," ujarnya.

Sementara itu wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto mengatakan makan bajamba adalah bentuk kebersamaan antar berbagai entnis dan rasa syukur.

Saat makan bajamba semua orang akan duduk sama rendah untuk makan. Selain itu kegiatan ini dalam rangka melestarikan kebudayaan masyarakat dan memperkenalkan kepada generasi muda melalui kebersamaan.

Ia menyebutkan hidangan makan bajamba akan disiapkan oleh masing-masing OPD, bagian, kecamatan, nagari, BUMN untuk enam porsi.

Untuk menu hidangan akan disiapkan nasi, singgang ayam, rendang daging, gulai cubadak atau nangka, ikan goreng balado dan pergedel kentang.

Selain itu juga goreng ikan asin campur-campur, sayur hijau, buah jeruk dan pisang, kudapan kue bolu, agar-agar dan lannya.

Makan bajamba dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Forum Kumunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), tokoh adat, bundo kanduang,organisasi dan tamu undangan lainnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar