Serunya Kulineraian dalam rangka hari jadi Padang Panjang

id festival marandang

Serunya Kulineraian dalam rangka hari jadi Padang Panjang

Peserta menyiapkan bumbu yang akan digunakan untuk memasak rendang dalam Festival Marandang yang dilaksanakan untuk memeriahkan HJL Padang Panjang ((Antara Sumbar/ Ira Febrianti))

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Perayaan peringatan ke-228 Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang, Sumatera Barat, diisi dengan acara pasar kuliner bertema KulineRain yang salah satu bagian kegiatannya berupa lomba memasak rendang bagi organisasi wanita yang ada di daerah itu.

Ketua Acara KulineRain Fendi Awen di Padang Panjang, Sabtu, mengatakan kegiatan itu baru pertama kali diadakan di daerah tersebut untuk menghadirkan hiburan yang berbeda bagi warga dalam perayaan ulang tahun kota.

Dalam memasak rendang yang dilaksanakan di Lapangan Bancah Laweh, peserta ibu-ibu yang berasal dari 26 organisasi wanita mengenakan pakaian tradisional berupa baju kurung dan penutup kepala tikuluak.

Setiap tim yang terdiri dari tiga orang memasak rendang menggunakan kuali besar dan tungku yang dibuat dari susunan batu bata dan kayu bakar. Peserta diberi waktu 3,5 jam untuk memasak rendang dimulai dari persiapan bumbu hingga penyajian.

Fendi menerangkan di lomba tersebut akan dinilai proses memasak, kebersihan, penampilan atau kostum peserta, rasa dan keindahan penyajian rendang.

Selain Festival Marandang, ia menyebutkan di acara KulineRain juga terdapat rangkaian kegiatan lainnya berupa bazar produk UMKM, lomba mewarnai bagi murid TK dan PAUD, lomba foto destinasi wisata di Padang Panjang dan lomba membuat liputan kegiatan perayaan ulang tahun kota.

"Kegiatan ini kami targetkan bisa dilaksanakan setiap tahun karena melihat ramainya warga yang berkunjung sehingga bisa menjadi sarana berpromosi khususnya bagi pelaku usaha kuliner di Padang Panjang," katanya.

Sebelumnya Wali Kota setempat Fadly Amran mengajak masyarakat ikut memeriahkan HUT ke-228 kota tersebut dengan mengikuti rangkaian kegiatan yang diselenggarakan

Ia mengatakan, hari jari kota diharapkan menjadi momen bagi pemerintah setempat dan masyarakat untuk mempererat silaturahmi membangun daerah.