Hujan petir berpotensi landa sembilan kabupaten di Sumsel, kata BMKG

id hujan petir

Hujan petir berpotensi landa sembilan kabupaten di Sumsel, kata BMKG

Hujan petir. ( ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Masayarakat di sembilan kabupaten ini diharapkan waspada. Sementara ada tiga kabupaten lain di Sumsel diprediksi berpotensi hujan sedang, yakni di wilayah Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Ilir dan Prabumulih,
Palembang, (Antaranews Sumbar) - Cuaca hujan lebat disertai petir pada Sabtu malam, berpotensi melanda sembilan kabupaten di Sumatera Selatan, kata Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam lirisnya.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Bambang Benny Setiaji di Palembang, Sabtu menjelaskan sembilan kabupaten itu adalah, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Muaraenim, Penukal Abab Lematang Ilir, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Banyuasin, Musi Banyuasin dan Palembang.

"Masayarakat di sembilan kabupaten ini diharapkan waspada. Sementara ada tiga kabupaten lain di Sumsel diprediksi berpotensi hujan sedang, yakni di wilayah Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Ilir dan Prabumulih," kata dia.

Ia mengatakan perkiraan cuaca pada hari ini menunjukkan pada pagi hari pada umumnya sebagian besar wilayah cerah berawan, namun pada siang hari mulai berawan.

Sementara suhu udara untuk wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir diperkirakan 24 - 32 °C dengan kelembaban udara 60 persen - 98 persen.

Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuklinggau, Lahat, Pagaralam dan OKU Selatan berkisar 19 - 30 °C dengan kelembaban udara 65 persen - 100 persen.

Sedangkan angin yang berhembus dari barat daya - barat laut dengan kecepatan 03 - 25 km/jam. Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian utara dan selatan 0,3 - 0,7 meter, sedangkan angin dari barat laut - timur laut dengan kecepatan 6 - 15 knots.

"Berdasarkan perkiraan cuaca hari ini, masyarakat diminta waspada pada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan kilat dan angin kencang dengan durasi singkat pada siang hingga malam hari di sembilan kabupaten tersebut," kata dia.(*)