Ini jadwal penutupan jalan di Payakumbuh

id TdS 2018,Penutupan jalur TdS,TdS Payakumbuh

Ini jadwal penutupan jalan di Payakumbuh

Pers Conference TdS di Payakumbuh, Rabu (7/11). (ANTARA SUMBAR/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Pada pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS), 8 hingga 9 November 2018, yang melintasi dan finis Kota Payakumbuh maka dilakukan penutupan jalan yang dilintasi para pebalap.

Kabag Ops Polres Payakumbuh, Kompol Basrial, di Payakumbuh, Rabu mengatakan pada etape V peserta dilepas pukul 10.00 WIB dari kantor Limapuluh Kota, maka jalanan akan ditutup pukul 09.00 - 11.00 WIB.

Sedangkan untuk etape VI, penutupan jalan hampir di seluruh jalanan Kota karena Payakumbuh terpilih sebagai tempat finis.

"Sebelum peserta finis di Medan Bapaneh, Ngalau Indah, peserta terlebih dahulu memutari Kota Payakumbuh," ujarnya.

Ia menjelaskan rute etape VI dimulai dari kedatangannya dari Piladang Batas Kota Payakumbuh melaju ke Simpang Ngalau dan di pertigaan Balai Panjang belok kanan menuju Limbukan kemudian sesampai di pertigaan Limbukan belok kiri menuju Labuah Basilang dan belok kiri ke Tugu Adipura.

Dari Tugu Adipura belok kanan menuju Koto Nan Gadang. Kemudian lurus menuju Kaning Bukit dan terus menuju Tanjung Anau. Di Simoang Tanjung Anau belok kiri menuju Talawi dan keluar di simpang Perambahan, tepatnya di simpang rumah dinas ketua DPRD Kota Payakumbuh.

Setelah itu, pembalap belok kiri menuju simpang Bunian dan belok kanan ke simpang Kasda. Sampai di simpang Kasda, belok kanan menuju Koto Nan IV dan terus melaju sampai finis di Ngalau, Kompleks Medan Bapaneh Kota Payakumbuh.

"Di prediksi pebalap akan memasuki Kota Payakumbuh pukul 16.00 WIB. Jadi jalanan akan ditutup pukul 15.00-17.00 WIB," ujarnya.

Basrial juga mengatakan pihak kepolisian meminta kepada masyarakat dan pedagang, selama acara TdS berlangsung untuk tidak berjualan maupun parkir kendaraan di tepi jalan.

"Ini pasti membahayakan bagi pembalap karena laju sepeda mereka cukup kencang. Selain itu juga akan merugikan pedagang maupun pemilik kendaraan jika terjadi tabrakan," kata Basrial.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Elfriza Zaharman, mengatakan demi menyukseskan helatan TdS 2018 ini dirinya meminta kepada seluruh masyarakat yang ada di sepanjang rute ini untuk bisa memanfaatkan jalan sebelum panitia menutup arus lalu lintas. (*)