Solok Selatan akan kembangkan Wonorejo sebagi desa wisata

id Pariwisata Solok Selatan,Desa Wisata Wonorejo

Solok Selatan akan kembangkan Wonorejo sebagi desa wisata

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan Harry Trisna. (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat akan mengembangkan Wonorejo, Nagari Lubuak Gadang Selatan sebagai desa wisata.

"Kami masih berkoordinasi dengan pihak nagari dan PT Mitra Kerinci terkait pembentukan desa wisata. Dalam waktu dekat, kami akan melakukan sosialisasi agar masyarakatnya paham dan mengerti manfaatnya," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan Harry Trisna, di Padang Aro, Selasa.

Sebelumnya jorong Wonorejo ini telah dibina oleh MCAI sehingga pemerintah tinggal melanjutkan apa yang sudah ada.

Untuk sosialisasi, katanya, akan dilakukan bersama wali nagari agar masyarakat dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) bersedia menjadi desa sadar wisata.

Untuk pembentukannya, pihak nagari sudah bersedia mengalokasikan Dana Desa untuk Pembangunan objek wisatanya.

Di Wonorejo sendiri ada berbagai destinasi wisata seperti air terjun tangsi ampek, tangsi tigo, kupitan, kebun teh, pemandangan gunung kerinci.

"Setelah ada desa wisata akan ada penyewaan sepeda untuk penghubung antar objek wisata dan kami juga mendorong ada cafe teh di lokasi tersebut," kata dia.

Wonorejo terkenal banyak objek wisatanya dan akan dijadikan ikon sebagai kampung air terjun nantinya. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati minum teh dan memandang gunung kerinci yang memiliki ketinggian 3.085 mdpl.

"Kami mendorong pengembangannya dengan dana desa serta partisipasi masyarakat. tugas pemerintah daerah hanya mendorong, membina dan mempromosikan nantinya," katanya.

Dia menyebutkan, dengan adanya desa wisata masyarakat setempat didorong menciptakan ekonomi wisata sendiri, misalnya menikmati air terjun dan mengelilingi kebun teh dengan menyewakan sepeda.

Solok Selatan berhasil meraih Juara III The Most Improved, Peduli Wisata Award 2018 kategori Klaster Kawasan Potensial Pariwisata Provinsi yang diberikan oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno di Istana Bung Hatta, Sabtu (27/10/2018) malam.

Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang dianggap memiliki destinasi wisata yang unik dan terjaga. Untuk Solok Selatan sendiri penghargaan ini dianugrahi pada destinasi Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG).

Selain itu, penghargaan ini atas keseriusan pemerintah daerah dalam mengelola, melestarikan serta memajukan pariwisata didaerahnya.

Sumatera Barat adalah provinsi yang memiliki potensi pariwisata yang amat banyak dan beragam, hampir pada 19 kabupen dan kota di daerah itu. Promosi dilakukan dengan tagline "Taste of Padang".(*)