Kadaiminang.com, lokapasar pertama di Sumbar

id Lokapasar,kadaiminang.com,grafika jaya sumbar

Kadaiminang.com, lokapasar pertama di Sumbar

Peluncuran situs jual beli daring www.kadaiminang,com di Padang, Senin (29/10). (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Salah satu persoalan yang dihadapi UKM saat ini adalah setelah produk selesai dibuat kesulitan memasarkan, dengan adanya situs jual beli daring www.kadaiminang.com setidaknya dapat menjadi solusi pemasaran
Padang, (Antaranews Sumbar) - Lokapasar pertama dari Sumatera Barat bernama www.kadaiminang.com yang merupakan situs jual beli secara daring mewadahi pemasaran produk usaha kecil dan menengah resmi diluncurkan di Padang, Senin.

" Salah satu persoalan yang dihadapi UKM saat ini adalah setelah produk selesai dibuat kesulitan memasarkan, dengan adanya situs jual beli daring www.kadaiminang.com setidaknya dapat menjadi solusi pemasaran," kata Direktur Utama PT Grafika Jaya Sumbar Dasril di Padang, Senin.

Lokapasar www.kadaiminang.com diinisiasi oleh PT Grafika Jaya Sumbar selaku Badan Usaha Milik Daerah bekerja sama dengan PT Indra Karya Sejahtera.

Menurut Dasril peluncuran www.kadaiminang.com merupakan inovasi yang dihadirkan untuk membantu pemasaran produk UKM Sumbar.

"Sejak enam bulan terakhir kami sudah mempelajarinya dan akhirnya diputuskan perlu ada lokapasar dari Sumbar yang bisa mewadahi UKM," kata dia.

Ia menargetkan pada tahap awal setidaknya 2.000 UKM yang ada di Sumbar bisa bergabung memasarkan produknya di www.kadaiminang.com dari sekitar 20 ribu UKM yang ada.

Sementara Kepala Biro Perekonomian Pemprov Sumbar Irsyad menyampaikan inovasi yang digagas PT Grafika merupakan salah satu solusi apalagi saat ini telah memasuki era industri 4.0.

"Kami mendorong pemasaran secara digital dan UKM harus meningkatkan daya saing agar produknya bisa laris," kata dia.

Sejalan dengan itu Chief Technology Officer kadaiminang.com Heru Rahmat berharap berharap dengan kehadiran lokapasar tersebut pedagang bisa bersaing sehat di pasar lokal dan mencegah masuknya pemodal besar dengan produk impor.

"Kami menjamin penyediaan produk asli dari Ranah Minang," katanya.

Selain itu dengan adanya kadaiminang.com bisa lebih menggerakkan ekonomi dan mengembangkan UMKM yang ada di Sumbar, katanya.

Ia menambahkan pihaknya hanya menerima pendaftaran untuk UMKM yang beralamat dan punya pabrik di Sumatera Barat.

Caranya cukup mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi berkas serta mengirimkan foto dan deskripsi produk serta informasi lainnya, kata dia. (*)