Genius-Mardison bakal dilantik 9 Oktober

id Pilkada Pariaman,Pelantikan Walikota Pariaman,Genius Umar

Genius-Mardison bakal dilantik 9 Oktober

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pariaman terpilih periode 2018-2023 Genius Umar dan Mardison Mahyuddin berpelukan usai penghitungan suara Pilkada 2018. (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Informasi yang kami terima pelantikan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin dilaksanakan di Kantor Gubernur Sumbar bersamaan dengan habisnya masa jabatan Mukhlis Rahman
Pariaman, Sumbar, (Antaranews Sumbar) - Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, terpilih periode 2018-2023, Genius Umar dan Mardison Mahyuddin, dilaksanakan pada 9 Oktober 2018, kata pejabat pemerintah setempat.

"Informasi yang kami terima pelantikan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin dilaksanakan di Kantor Gubernur Sumbar bersamaan dengan habisnya masa jabatan Mukhlis Rahman," kata Sekretaris Daerah Kota Pariaman Indra Sakti di Pariaman Sabtu.

Pelantikan tersebut, ujar dia, juga bersamaan dengan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Panjang terpilih di Kantor Gubernur Sumbar.

Setelah pelantikan di Kantor Gubernur Sumbar, serah terima jabatan antara wali kota yang lama dengan wali kota terpilih diadakan di Pariaman pada 10 Oktober 2018.

"Jika tidak ada halangan serah terima jabatan dilangsungkan pada 10 Oktober 2018 di Kantor DPRD Pariaman melalui sidang paripurna," katanya.

Terpisah Ketua tim pemenangan pasangan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin, Mulyadi membenarkan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pariaman terpilih dilaksanakan pada 9 Oktober 2018.

Selain itu pihaknya juga mengaku telah menerima surat pemberitahuan dari Menteri Dalam Negeri terkait jadwal pelantikan kepala daerah terpilih.

Setelah pelantikan selesai dilaksanakan, maka selanjutnya serah terima jabatan di Kantor DPRD melalui sidang paripurna sekaligus penyampaian visi dan misi kepala daerah terpilih.

"Dalam paripurna tersebut kepala daerah terpilih langsung menyampaikan visi dan misi pembangunannya untuk lima tahun ke depan, sehingga masyarakat Pariaman bisa mengetahui arah kepemimpinan selanjutnya," kata dia.

Berdasarkan penghitungan suara pasangan nomor urut satu Mahyuddin dan Muhammad Ridwan memperoleh suara sebanyak 18,211 atau setara 41,45 persen.

Kemudian pasangan nomor urut dua Dewi Fitri Deswati dan Pabrisal memperoleh suara sebanyak 1,703 atau sekitar 3,88 persen. Selanjutnya pasangan nomor urut tiga Genius Umar dan Mardison Mahyuddin memperoleh suara 24,021 atau 54, 67 persen.

Terkait jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada Pariaman sebanyak 59,245 dengan klasifikasi 29,040 laki-laki dan 30,205 perempuan. ***2**