Mantan porter bandara ini kini menjabat Sekda Provinsi Sumbar

id sekda sumbar

Mantan porter bandara ini kini menjabat Sekda Provinsi Sumbar

Sekda Sumbar Alwis langsung bekerja setelah dilantik gubernur Irwan Prayitno di Padang, Selasa (2/10). (ANTARASUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melantik Alwis yang pernah menjadi porter bandara dan petinju sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) setempat.

Setelah jadi sekda Pak Alwis harus lebih tenang dan tidak mudah terpancing emosi menyikapi persoalan," katanya saat pelantikan di Padang, Selasa.

Meski dengan nada kelakar, namun Irwan menyebut kualitas seorang Sekda yang mampu menyelesaikan persoalan sangat dibutuhkan daerah.

Tidak saja untuk memimpin Aparatur Sipil Negara (ASN) Sumbar yang saat ini mencapai 21 ribu orang, tetapi juga menjalin komunikasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Sekda juga harus bisa berkomunikasi baik dengan anggota legislatif yang menjadi mitra kerja pemerintah daerah untuk memastikan program pembangunan berjalan baik.

Irwan meyakini Alwis akan bisa segera menjalankan tugasnya dengan baik karena sebagai pribadi ia memiliki keunggulan bisa menjalin pertemanan dengan siapapun tanpa pandang bulu dan mampu menempatkan diri secara patut dalam kondisi apapun.

Latar belakang pendidikan kepamongan dari APDN Bukittinggi juga diyakini bisa membantu "mengemong" staf dan menyelesaikan persoalan dengan bijaksana.

Alwis dilahirkan di Jakarta pada 3 Maret 1961 dari pasangan Hj. Nursila dan Alm.MK Djuki, seorang pensiunan Prajurit Komando Pasukan Gerak Cepat (KOPASGAT) TNI-AU.

Setelah menamatkan SD Angkasa Tabing, ia melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama 13 Padang (dahulu bernama SMPN Tabing ).

Kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas PGRI I Padang sekitar tahun 1980-an.

Saat itulah ia pernah mengadu nasib dengan menjadi porter di Bandara Tabing bahkan menjadi petinju.

Nasib baik membawanya melanjutkan pendidikan ke APDN Bukittinggi dan menamatkan Serjana Muda APDN pada 1985.

Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) ia telah memiliki pengalaman yang sangat luas dengan menjabat banyak jabatan.

Terakhir ia menjabat Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumbar hingga terpilih menjadi Sekda Sumbar.