Empat sekolah Padang Panjang masuk penilaian Sekolah Sehat

id Lomba Sekolah Sehat,Penilaian Sekolah Sehat,Sekolah Padang Panjang

Empat sekolah Padang Panjang masuk penilaian Sekolah Sehat

Acara penyambutan bagi tim penilai Lomba Sekolah Sehat di Padang Panjang. (Antara Sumbar/ Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Sebanyak empat sekolah di Kota Padang Panjang mewakili daerah itu dalam penilaian Lomba Sekolah Sehat di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Keempat sekolah tersebut yaitu TK Pertiwi, SDN 15 Ngalau, SMPN 3 dan MA KMM Kauman.

Ketua Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Eko Faisal di Padang Panjang, Kamis, mengatakan penilaian lomba tersebut dilaksanakan secara ketat sehingga setiap sekolah diminta memperhatikan indikator yang ditetapkan.

"Saat kami melakukan penilaian tidak boleh ada satupun sampah. Bahkan jika ditemukan satu puntung rokok, sudah dinyatakan gugur," katanya.

Ia menerangkan penilaian sekolah sehat akan dititikberatkan pada Tria UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sehat.

Setiap indikator tersebut mempunyai bobot nilai berbeda yaitu 70 persen pelaksanaan dan 30 persen pembinaan.

"Maka yang paling penting adalah bagaimana pelaksanaannya, tidak sekadar membina saja namun ada pelaksanaan atau penerapannya di sekolah," katanya.

Wakil Wali Kota setempat, Mawardi mengatakan setiap sekolah yang masuk penilaian itu agar memperhatikan poin-poin yang akan dinilai oleh tim penilai.

Masing-masing sekolah, ujarnya, telah mendapat pembinaan dan lolos seleksi dalam lomba yang sama di tingkat kota.

"Untuk Trias UKS sudah berjalan di sekolah-sekolah itu karena kami sudah periksa saat lomba tingkat kota. Kami harap Padang Panjang jadi pemenang di lomba ini," katanya. (*)