SMP Hikmah raih prestasi di lomba media pembelajaran mahasiswa dan guru

id SMP Hikmah, sekolah, pelestarian lingkungan

SMP Hikmah raih prestasi di lomba media pembelajaran mahasiswa dan guru

Siswa dan guru SMP Hikmah raih juara dua dalam ajang perlombaan media pembelajaran mahasiswa dan huru, dengan tajuk "Pelestarian Lingkungan". (ANTARA/Fira)

Padangpanjang (ANTARA) - Siswa dan guru SMP Hikmah raih juara dua dalam ajang perlombaan media pembelajaran mahasiswa dan huru, dengan tajuk "Pelestarian Lingkungan", pada 20 September 2021.

Lomba yang diselenggarakan Prodi Pendidikan Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang terbagi dari kategori guru, SLTP, SLTA sederajat dan mahasiswa.

Lomba ini dibuat sebagai ajang kompetisi bagi mahasiswa pendidikan dan guru seni budaya dalam merancang dan membuat media pembelajaran sebagai alat peraga dalam proses belajar mengajar.

Dalam perlombaan ini, SMP Hikmah mengutus Vernando Hafiwendri, S.Sn guru seni budaya dibantu beberapa siswa terpilih dari kelas IX.1 sebagai tim. Karya yang mereka ciptakan diberi judul "Panggung Alat Tulis".

"Di zaman sekarang, kita banyak menjumpai makanan dan minuman kemasan dengan beragam bentuk. Sehingga tim kita tertarik menjadikannya sebagai ide pokok dalam penggarapan karya dalam bentuk media pembelajaran yang bertajuk pelestarian lingkungan ini. Panggung Alat Tulis tersebut terdiri dari kipas dan panggung mini," ujarnya.

Panggung mini berguna sebagai wadah untuk menampung berbagai macam alat tulis dan alat serupa lainnya. Sedangkan kipas berperan sebagai hiasan panggung yang memberikan efek angin ketika karya tersebut diletakkan.

“Dalam karya ini, terdapat beberapa materi pembelajaran seperti instalasi listrik, seni lukis, kerajinan bahan keras dan bahan lunak,” tambah Vernando.

Kepala Sekolah, Zarnila, S.Pd turut mengucapkan selamat kepada Tim SMP Hikmah yang sudah berjuang keras. "Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian yang telah diraih. Semoga kerja sama atau sinergi yang telah dibangun, ke depannya semakin bersinar dalam kesuksesan," ungkap Zarnila, Selasa.