126 calon prajurit TNI AL asal Sumbar lolos seleksi ke pusat

id Lantamal

126 calon prajurit TNI AL asal Sumbar lolos seleksi ke pusat

Komandan Lantamal II Padang, Laksma TNI Agus Sulaeman, saat sidang pantukhir tingkat daerah seleksi calon Bintara dan Tamtama PK TNI AL Gelombang II tahun 2018, di Padang, Senin (10/9). (ANTARA Sumbar/Fathul Abdi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 126 putra dan putri dari Sumatera Barat, yang menjadi calon Bintara dan Tamtama TNI Angkatan Laut akan melaksanakan seleksi di tingkat pusat.

"Mereka adalah pendaftar yang lulus tes pemantauan akhir (pantukhir) tingkat daerah untuk calon Bintara dan Tamtama, selanjutnya akan mengikuti seleksi pusat," kata Komandan Lantamal II Padang, Laksma TNI Agus Sulaeman, di Padang, Senin.

Ia merinci 126 orang itu terdiri dari 88 calon Bintara, dan 38 calon Tamtama.

Sebelum dinyatakan lulus Pantukhir tingkat daerah, mereka telah mengikuti berbagai rangkaian tes dan seleksi ketat dengan sistem gugur.

Seperti pemeriksaan administrasi, kesehatan satu, kesehatan dua, tes psikologi, jasmani, mental ideologi, dan lainnya.

Dari rangkaian seleksi itu 126 orang akhirnya dinyatakan lulus dari seluruhan pendaftar sebanyak 672 orang untuk calon Bintara, dan 354 untuk calon Tamtama.

Ia mengklaim seleksi PK TNI AL Gelombang II tahun 2018 tingkat daerah itu dilaksanakan dengan bersih, sesuai dengan hasil dan kemampuan masing-masing individu.

Mengingat seleksi adalah momen penting untuk mendapatkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas, handal, dan berani yang dibutukan organisasi TNI AL.

"Bagi yang berhasil lulus tingkat daerah diingatkan agar tidak lengah, ini baru seleksi awal dan masih ada seleksi berikutnya di tingkat pusat," katanya.

Seleksi tingkat pusat akan dilaksanakan di Malang, Jawa Timur.

Sebelumnya, sidang Pantukhir dihadiri Danlantamal II selaku ketua Panitia Daerah Sumbar, Aspers Danlantamal II

sebagai sekertaris, Asintel Danlantamal II sebagai Katim Rik MI/SC, dan lainnya. (*)