211 atlet asal Agam telah didaftarkan ke Sidragon

id KONI Agam,Porprov Sumbar,Sidragon

211 atlet asal Agam telah didaftarkan ke Sidragon

Ketua KONI Kabupaten Agam, Zarfinus Makmur memimpin rapat koordinasi tentang jumlah kuota atlet untuk menghadapi Porprov di Sekretariat KONI setempat, Rabu (29/8). (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mendaftarkan 211 dari 475 atlet yang akan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Proprov) XV di Padang Pariaman pada November 2018, ke sistem pendataan kegiatan keolahragaan secara online (Sidragon).

Ketua KONI Agam, Zarfinus Makmur di Lubukbasung, Rabu, mengatakan 211 atlet ini berasal dari 20 cabang olahraga seperti, menembak, paralayang, karate dan lainnya.

"Para atlet itu didaftarkan semenjak seminggu yang lalu oleh tim data entri KONI Agam," katanya saat rapat koordinasi tentang jumlah kuota atlet untuk menghadapi Porprov di Sekretariat KONI setempat, Rabu.

Utuk 264 atlet dari 12 cabang olahraga lainnya belum didaftarkan karena cabang olahraga belum mengirimkan berkas persyaratan seperti, kartu keluarga, kartu pelajar, KTP elektronik dan lainnya.

Ke 12 cabang olahraga itu yakni, angkatan berat, pencak silat, atletik, gulat, tenis meja, taekwondo, panjat tebing, panahan, sepak takraw, bola voli, wushu dan sepak bola.

Ia nberharap ke 12 cabang olahraga itu segera menyerahkan berkas ke KONI Agam.

Setelah itu mereka langsung didaftarkan menjelang penutupan pendaftaran atlet Porprov pada 31 Agustus 2018.

"Bagi atlet yang tidak terdaftar pada Sidragon maka mereka tidak bisa mengikuti Porprov karena ini syarat bagi atlet untuk mengikuti event dua tahunan itu," tegasnya.

Ia menambahkan, KONI Agam mendaftarkan atlet sesuai usulan dari 32 cabang olahraga sebanyak 475 atlet.

Sementara kuota atlet yang ditentukan Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam sebanyak 300 orang.

Dengan cara itu, KONI telah melakukan asistensi dengan cabang olahraga untuk mengurangi atlet sesuai kuota.

Namun jumlah atlet yang didapat setelah asistensi dengan cabang olahraga sebanyak 375 atlet.

Ke 375 atlet ini akan diserahkan ke Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam.

"Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam akan melakukan asistensi dengan KONI pada Senin (4/9)," katanya.

Wakil Sekretaris Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Agam, Hendri Basri berharap seluruh atlet yang diusulkan diterima sebagai atlet yang akan membela Agam saat Porprov.

Ini mengingat bahwa atlet yang telah diusulkan itu berdasarkan hasil seleksi yang telah dilakukan oleh masing-masing cabang olahraga.

"Apabila dikurangkan maka berdampak terhadap perolehan medali pada Porprov nanti karena Proprov sebelumnya kita memperoleh 54 medali emas, 50 medali perak dan 58 medali perunggu," katanya. (*)