Jambi masih tunggu rute TdS 2018

id TdS ,Tour de Singkarak 2018,Kabupaten Kerinci

Jambi masih tunggu rute TdS 2018

(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc/17)

Jambi, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Provinsi Jambi bersama Pemkab Kerinci masih menunggu rute atau jalur yang akan dilewati balap sepeda "Tour de Singkarak" 2018 di kabupaten itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, Ujang Hariadi di Jambi, Kamis, mengatakan saat ini Pemprov Jambi dan Pemkab Kerinci masih menunggu penetapan rute yang akan dilalui pebalap sepeda oleh pemerintah pusat.

"Setelah rute ditentukan maka pemerintah Jambi akan memperbaiki jalur-jalur yang tidak layak untuk dilewati. Jadi jalan yang dalam keadaan rusak diperbaiki," katanya.

Dijelaskannya, di Kabupaten Kerinci terdapat jalan berstatus jalan nasional, provinsi dan kabupaten. Sebab itu jika rute Tour de Singkarak sudah ditentukan maka akan diketahui siapa yang berwenang dalam perbaikan infrastruktur tersebut.

"Tentu kita berkoordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), nanti perbaikan jalan ada yang kewenangan pusat, provinsi dan kabupaten. Makanya kita harus lihat dulu rutenya," katanya menjelaskan.

Ia memastikan dalam rapat yang dilaksanakan bersama pemerintah Sumatera Barat, Tour de Singkarak akan tetap melewati Kabupaten Kerinci.

Ujang mengatakan ajang balap sepeda Tour de Singkarak yang akan melewati Kabupaten Kerinci adalah momentum mempromosikan destinasi wisata yang ada di kabupaten tersebut.

"Tour de Singkarak itu ajang internasional. Dengan rute yang melewati Jambi ini maka kita secara langsung dapat mempromosikan potensi wisata Kerinci ke masyarakat dunia," katanya.

Menurut Ujang, dengan diberikannya kesempatan para pebalap melintasi Provinsi Jambi dalam Tour de Singkarak 2018 ini, maka akan mendatangkan keuntungan besar bagi Kabupaten Kerinci, Kota Sungaipenuh dan Provinsi Jambi umumnya.

Apalagi wisata Kerinci kata Ujang sangat layak dipromosikan ke dunia pariwisata internasional.

Selain keindahan alamnya, Kerinci juga kaya dengan ritual budaya dan sudah ditetapkan sebagai branding pariwisata Jambi.

"Kesiapan infrastruktur dan sarana prasarana lainnya penting untuk mendukung ajang tersebut," katanya menambahkan.

Kegiatan olahraga kelas dunia Tour de Singkarak 2018 ini direncanakan digelar 5-14 September. Tour de Singkarak dijadwalkan melalui 18 kabupaten dan kota di Sumbar dan melewati Kabupaten Kerinci. (*)