FISIP Unand persiapkan program doktoral sosiologi dan studi kebijakan

id Fisip

Pelantikan mahasiswa pasca sarjana dan persiapan pembukaan program doktoral (Ist)

Padang (Antaranews Sumbar) - Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) tengah mempesiapkan program doktoral sosiologi dan studi kebijakan.

Hal itu disampikan Dekan Fisip Unand pada kegiatan martikulasi bagi 61 mahasiswa pascasarjana Fisip Unand 2018-2019 dikampus Pascasajana Fisip di Jln. Situjuh, Jati, Kota Padang, Senin (13/8).

Ditegaskan Alfanmiko, untuk membuka program doktoral sosiologi dan studi kebijakan adalah untuk menjawab tantangan dan peluang yang semakin diminati belakangan ini.

Paskasarajana Fisip telah banyak menghasil para magister tiap tahunnya sejak mulai berdiri.

“Alhamdulillah kita telah mengunjungi Kemeristekdikti untuk beraudiensi dan telah mendapatkan dorongan yang kuat untuk mendirikan program doktoral sosiologi dan studi kebijakan serta diberikan petunjuk/prosedural pendirian program doktoral tersebut. Kini kita tengah merampungkan proposal,” sebut Alfanmiko.

Menyoal matrikulasi, kata dia, adalah sebuah program penyetaraan ilmu atau latar belakang pendidikan, dalam hal ini dari tingkat sarjana ke magister serta juga dibarengi dengan pengenalan kampus.

Tujuan matrikulasi ini untuk menyetarakan kompetensi para sarjana/S1 terutama yang berbeda latar belakang disiplin ilmu, mengenalkan kampus lebih dalam, mempererat keakraban sesama mahasiswa, dengan para tenaga kependidikan (tendik).

“Diharapkan dengan adanya program matrikulasi ini, para mahasiswa lebih memahami pengetahuan dasar pada jurusan yang dipilih, lebih mengenal kampus, dan mempunyai ikatan yang lebih akrab sehingga memudahkan untuk berinteraksi baik sesama mahasiwa dan juga bagi tendik dalam memberikan pelayanan adminstrasi,” jelas Alfanmiko.

Pelantikan mahasiswa pasca sarjana dan pembahasan pembentukan program studi doktoral di FISIP Unand. (Ist)


Diuraikan Alfanmiko, dari 61 mahasiswa Si Fisip diantara jumlah peminat jurusan Ilmu Komunikasi masih tertinggi sebanyak 24, Antroplogi 2, Sosiologi 2, Administrasi Publik 8, Ilmu Politik 12 dan Tata Kelola Pemilu 5.

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Dekan Fisip Dr.Aidinil Zetra, Kajur Ipol Dr.Asrinaldi, Kapromag Tata Kelola Pemilu Dr. Syahrizal, Kapromag Ilmu Komunikasi Dr.Ernita Arif, Kajur Sosiologi Dr. Jendrius, Kapromag Ipol Dr.Tengku Riska, Kajur Administrasi Publik Dr.Ria Rriani, dan Kapromag Administrasi Publik Dr. Syamsurizaldi.*
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar