Bupati: OPD harus jeli cari peluang gaet DAK

id Muzni Zakaria,Bupati Solok Selatan,Dana Alokasi Khusus

Bupati: OPD harus jeli cari peluang gaet DAK

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria. (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansyah Akbar)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Muzni Zakaria mengatakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat harus lebih jeli melihat peluang untuk menggaet Dana Alokasi Khusus (DAK) di pusat guna percepatan pembangunan di daerah.

"OPD harus pintar-pintar mencari peluang dan memikirkan bagaimana cara meminta DAK ke pusat untuk mempercepat pembangunan di daerah," katanya, di Padang Ari, Senin.

Sebagai contoh, katanya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) karena Solok Selatan rawan bencana.

Contoh lainnya Dinas Pekerjaan Umum sebab banyak dana pusat yang bisa diraih guna mempercepat pembangunan sehingga daerah itu secepatnya keluar dari daerah tertinggal.

Menurutnya setiap tahun Solok Selatan terus kekurangan anggaran untuk pembangunan sehingga butuh kegigihan setiap OPD memperjuangkan DAK ke pusat.

"Kita bisa memanfaatkan DAK untuk mempercepat pembangunan dan ini dibutuhkan kegigihan OPD," katanya.

Dia menegaskan, setiap kepala OPD harus sungguh-sunggah dalam memikirkan bagaimana mempercepat kemajuan daerah di bidanf masing-masing.

Ia mengatakan, dengan sisa tahun anggaran empat bulan lagi setiap OPD perlu meninjau dan mengevaluasi kegiatan yang dilaksanakan supaya berjalan optimal.

Saat ini kata dia, Solol Selatan sedang membahas perubahan anggaran jadi OPD harus lebih rajin lagi evaluasi dan meninjau realisasi belanja.

Sebelumnya Anggota DPRD Sumbar Irwan Afriadi mengajak seluruh OPD jangan bosan melakukan usaha perolehan dukungan dana dari provinsi dan pusat.

"Tidak ada yang mustahil kalau kita tetap berusaha dan selalu semangat untuk memperjuangkan pasti berhasil," ujar politisi Nasdem. (*)