Pesisir Selatan permudah pelayanan publik melalui SINar Pasisie dan siMAYA PESSEL

id SINar Pasisie, siMAYA PESSEL

Pesisir Selatan permudah pelayanan publik melalui SINar Pasisie dan siMAYA PESSEL

Ilustrasi (Antara Sumbar)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mulai menerapkan sistem informasi di sejumlah nagari (desa adat) untuk mempermudah pelayanan di daerah itu, terlebih bagi daerah yang jauh dari ibu kota.

Kepala Bidang e-Gov Diskominfo Pesisir Selatan Syafrudin di Painan, menyebutkan dua aplikasi yang telah diluncurkan itu Sistem Informasi Nagari Pesisir Selatan (SINar Pasisie) dan Sistem Surat Menyurat Elektronik Kabupaten Pesisir Selatan (siMAYA PESSEL)

"Kami telah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) 20 nagari di Kecamatan IV Jurai," ujarnya.

SINar Pasisie merupakan aplikasi online untuk informasi dan pelayanan administrasi nagari sedangkan aplikasi Simaya merupakan suatu sistem untuk menunjang tugas-tugas manajemen.

Aplikasi tersebut dikembangkan berdasarkan Tata Naskah Dinas Elekronik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Nomor 6 Tahun 2011 mengenai Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Instansi Pemerintah.

"Aplikasi SINar Pasisie dan siMAYA PESSEL sudah diterapkan di beberapa nagari di Kecamatan Lunang dan Kecamatan IV Jurai. Kedua Aplikasi tersebut dalam waktu dekat juga akan diterapkan seluruh nagari di Kabupaten Pesisir Selatan," ujarnya.

Kedua Aplikasi ini merupakan Bagian Penting dalam Penerapan penyelenggaraan E-Government atau SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) di Kabupaten Pesisir Selatan. (*)