14 tim medis dampingi calon haji Dharmasraya ke asrama

id Dinkes Dharmasraya,Calon Haji Dharmasraya

Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Yosta Defina. (ANTARA SUMBAR/Ilka Saputra/)

Pulau Kunjung, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 14 anggota medis Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) akan mendampingi pemberangkatan calon haji asal daerah itu menuju embarkasi di Kota Padang.

"14 tenaga medis ini terdiri dari 12 tenaga paramedis, dan dua dokter umum," Kata Kepala Dinkes Dharmasraya, Rahmadian melalui Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Yosta Defina di Pulau Punjung, Rabu.

Tim medis disiagakan sebagai antisipasi jika dalam perjalanan menuju embarkasi ada calon jamaah haji membutuhkan pertolongan darurat, sehingga dapat ditangani secara cepat.

Dinkes Dharmasraya akan menempatkan dua tenaga medis di setiap bus yang mengantarkan calon jamaah haji guna memudahkan pemantauan, ujar dia.

"Informasi sementara jumlah armada yang mengantar calon jamaah haji sebanyak enam bus, setiap bus ada dua paramedis, dan sedangkan dua dokter akan berada di mobil ambulans," katanya.

Ia menambahkan tim kesehatan juga akan mendampingi pemulangan calon jamaah haji dari embarkasi di Kota Padang kembali ke Dharmasraya.

Sementara, Kasi Penyelenggara Haji Dan Umrah Kantor Kementerian Agama Dharmasraya, Suhardi mengemukakan pemberangkatan 196 calon jamaah haji daerah itu tergabung ke kelompok terbang (kloter) 13 bersama Kabupaten Padang Pariaman.

Calon jamaah haji Dharmasraya masuk embarkasi di Kota Padang pada 29 Juli 2018, lalu diterbangkan ke Madinah 30 Juli.

"Insya allah seluruh persiapan sudah tuntas, jamaah calon haji tinggal menunggu keberangkatan saja," ujar dia.

Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal berpesan calon jamaah haji diminta selalu mempersiapkan fisik dengan sebaik mungkin karena sebagaimana diketahui ibadah haji merupakan rangkaian ibadah yang cukup berat. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar