Ini upaya LKKS Sijunjung perkuat Posdaya dalam penanggulangan kemiskinan

id Posdaya

Ini upaya LKKS Sijunjung perkuat Posdaya dalam penanggulangan kemiskinan

Ketua PKK Sumbar Nevi Irwan Prayitno memberi arahan pada kegiatan peningkatan peran Posdaya yang diselenggarakan LKKS Sijunjung. (Ist)

Secara umum fungsi keluarga yang diberdayakan melalui Posdaya sudah berjalan di tingkat nagari-nagari melalui lembaga yang sudah ada yakni gerakan PKK, Paud terintegrasi, BKB, dan UPPKS
Muaro (Antaranews Sumbar) - Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat terus melakukan penguatan peran Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Posdaya dalam penanggulangan kemiskinan melalui pembinaan dan pelatihan.

Pembinaan dan pelatihan peningkatan peran Posdaya diselenggarakan LKKS Sijunjung, Kamis (28/6) di Kantor PKK Muaro Sijunjung. Kegiatan ini bertujuan membantu masyarakat mengembangkan usaha melalui program Posdaya serta menyamakan persepsi tentang program dan kegiatan di nagari dan jorong.

“Secara umum fungsi keluarga yang diberdayakan melalui Posdaya sudah berjalan di tingkat nagari-nagari melalui lembaga yang sudah ada yakni gerakan PKK, Paud terintegrasi, BKB, dan UPPKS,” ujar Ketua LKKS Sijunjung, Ny. Endra Yuswir Arifin.

Ia mengakui belum semua terwadahi ke dalam kelembagaan Posdaya, namun pihaknya berharap melalui kegiatan ini dapat dijaga keberlanjutannya dari kegiatan yang sudah dibentuk, dan memberikan dorongan bagi nagari yang belum memiliki Posdaya.

"Persoalan keluarga harus mendapat perhatian pemerintah dan masyarakat, kita minta kepada pemerintah daerah dan kecamatan agar memberikan dorongan dan dukungan agar lembaga kesejahteraan sosial seperti Posdaya dapat tumbuh dan berkembang melalui penganggaran dan sinergi program lintas OPD," harapnya.

Ketua PKK Sumbar Nevi Irwan Prayitno didampingi Ketua PKK Sijunjung Ny. Endra Yuswir Arifin dalam kegiatan peningkatan peran Posdaya yang diselenggarakan LKKS Sijunjung. (Ist)


Turut hadir dalam acara ini Ketua Umum LKKS Provinsi Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno, Dinas Sosial Provinsi Sumbar, serta para peserta yang terdiri dari Ketua TP PKK se-kecamatan dan nagari, pengurus Posdaya, TKSK dan pengurus LKKS Kabupaten Sijunjung. (*)