Napi Lapas Pariaman antusias salurkan hak pilih

id pilkada pariaman,napi memilih,lapas pariaman

Napi Lapas Pariaman antusias salurkan hak pilih

Seorang narapidana perempuan di Lapas Pariaman menyalurkan hak pilihnya untuk Pilkada daerah itu Rabu (27/6). (ANTARA SUMBAR/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 58 Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pariaman, Sumatera Barat memberikan hak pilihnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018.

"Berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) total ada 62 narapidana yang memiliki hak pilih di Lapas Klas II B Pariaman," kata Kalapas Pariaman Pudjiono Gunawan, di Pariaman, Rabu.

Namun, ujarnya, sebelum pemilihan terdapat empat narapidana yang bebas sehingga tidak melakukan pemilihan di Lapas Klas II B Pariaman.

Khusus pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 4 tersebut hanya narapidana yang memberikan hak pilihnya.

"TPS 4 hanya narapidana yang memilih, sedangkan personel Lapas mencoblos di TPS lain," katanya.

Ia mengatakan tingkat antusias para narapidana dalam memilih tergolong cukup tinggi karena sejak TPS dibuka mereka langsung berdatangan.

"Dalam prosesnya tidak ada kendala yang signifikan, bahkan animo pemilih tergolong cukup tinggi," kata dia.

Sementara itu Ketua KPU Pariaman Boedi Satria mengatakan total terdapat 155 TPS dan 71 Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di empat kecamatan.

Ia mengatakan untuk DPT dari empat kecamatan dan 71 desa dan kelurahan tercatat sebanyak 59.245 pemilih.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah itu agar menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak 2018. (*)