MUI Padang imbau masyarakat gunakan hak pilih

id Duski Samad ,MUI Padang,Pilkada Padang

MUI Padang imbau masyarakat gunakan hak pilih

Ilustrasi - Pilkada (ANTARA SUMBAR/Laras Robert)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, Sumatera Barat mengimbau masyarakat yang telah mempunyai hak pilih berpartisipasi mencoblos pada Pilkada yang akan digelar 27 Juni 2018 guna memilih pemimpin kota lima tahun mendatang.

"MUI meminta masyarakat ikut berpartipasi memilih dalam pilkada dan dilarang golput sesuai dengan fatwa MUI tahun 2009 dan 2014 yang mewajibkan umat Islam ikut pemilu dan pilkada," kata Ketua MUI Padang Duski Samad di Padang, Senin

Menurutnya memberikan hak pilih dalam pilkada adalah bagian dari ibadah.

Ia mengatakan ibadah dan politik adalah bagian dari ajaran Islam yang harus dilakukan secara bersamaan namun harus dilaksanakan dengan arif.

"Jangan pula ada yang mempertentang ajaran Islam dengan politik karena politik merupakan bagian dari ajaran Islam sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad," katanya.

Terkait siapa pasangan calon yang akan dipilih menurutnya itu adalah hak individu umat yang harus dihargai semua pihak, termasuk oleh ulama dan mubaligh.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang mulai mendistribusikan surat suara untuk pilkada pada 25 hingga 26 Juni 201

"Surat suara akan didistribusikan ke 104 kelurahan meliputi 1.600 tempat pemungutan suara (TPS)," kata Koordinator Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU Padang, Mahyudin .

Ia menyebutkan jumlah surat suara yang akan didistribusikan itu berdasarkan jumlah data pemilih tetap (DPT) yang sudah diputuskan KPU beberapa waktu lalu sebanyak 535.265 lembar ditambah 2,5 persen dari jumlah tersebut atau 14.176 lembar.

Pilkada Padang 2018 diikuti dua pasang calon yaitu Emzalmi-Desri nomor urut satu yang diusung tujuh partai dan Mahyeldi-Hendri Septa nomor urut dua yang diusung PKS dan PAN.

Emzalmi merupakan Wakil Wali Kota Padang petahana yang berpasangan dengan Mahyeldi pada Pilkada Padang 2013 dan tampil sebagai pemenang. Sedangkan Wakil Emzalmi, Desri Ayunda pada pilkada Padang 2013 juga mencalonkan diri sebagai wali kota berpasangan dengan James Helyward

Sementara Mahyeldi merupakan wali kota petahana yang kembali mencalonkan diri dan berpasangan dengan Ketua DPD PAN Padang Hendri Septa. (*)