BBM premium paling diminati masyarakat di Pertamina MOR I

id BBM jelang lebaran,konsumsi BBM jelang lebaran,Pertamina MOR I

BBM premium paling diminati masyarakat di Pertamina MOR I

Ilustrasi - (Antara Sumbar/Yusrizal)

Padang, (Antaranews Sumbar) - PT Pertamina (persero) Marketing Operation Region (MOR) I Sumatera Bagian Utara menyatakan konsumsi bahan bakar minyak meningkat jelang Lebaran 1439 Hijriah.

"Hingga Senin (11/6) penyaluran bahan bakar jenis premium mencapai 7.550 kiloliter per harinya atau meningkat sekitar 34 persen dari hari biasanya," kata General Manajer MOR I Joko Pitoyo melalui siaran pers yang diterima Padang, Selasa

Sementara untuk bahan bakar jenis Pertalite mencapai 7.000 kiloliter per hari atau meningkat sekitar tujuh persen dari hari normal.

Sedangkan untuk penyaluran bahan bakar jenis Pertamax mencapai 1.650 kiloliter per hari atau meningkat sekitar 50 persen dari hari normal.

Untuk memastikan keamanan distribusi BBM sampai kepada masyarakat, pihaknya telah melakukan pemeriksaan sarana dan fasilitas di lapangan pada 11 hingga 12 Juni dan 18 hingga 19 Juni 2018

Pengecekan itu dilakukan di beberapa lokasi yang menjadi titik konsentrasi mudik dan lokasi wisata seperti wilayah Sei Rampah - Kisaran - Siantar-Parapat dan wilayah wisata Brastagi-Simalem.

Tim Pertamina MOR 1 telah melaksanaan pemeriksaan di Padang, Pariaman, dan Bukittinggi, Sumbar, Banda Aceh, Aceh, Batam, Kepri, dan Pekanbaru, Riau.

Dalam pantauan lapangan di SPBU 14.211.204 yang menjadi titik mobile storage atau SPBU Kantong dan 14.211.214 yang menjadi titik berangkat motorist keduanya berlokasi di Parapat, Simalungun penjualan gasoline series naik dua kali lipat.

Ia mengungkapkan di SPBU 14.211.204 penjualan Pertalite mencapai 16 kilo liter atau naik signifikan dibandingkan dengan rata-rata harian normal sebanyak sembilan kilo liter per hari, demikian juga Pertamax yang meningkat tajam dari semula 500 liter per hari menjadi satu hingga dua kiloliter per hari.

"Mudik sudah mulai berdampak pada peningkatan permintaan pada SPBU yang menjadi perlintasan pemudik dan juga pusat wisata," katanya.

Kemudian pemeriksaan sarana dan fasilitas saluran distribusi dilaksanakan mulai dari fasilitas Kiosk Pertamax, Terminal BBM Kisaran dan Siantar, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE), SPBU, SPBU Kantong, Agen dan Pangkalan LPG, hingga ke SPBU Motorist.

Ia mengatakan kegiatan pemeriksaan sarana dan fasilitas rutin dilakukan untuk antisipasi lonjakan konsumsi bahan bakar.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menjaga dan memastikan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.

"Pertamina berharap melalui kegiatan ini, kami dapat memastikan kebutuhan bahan bakar masyarakat dapat terjaga dan terpenuhi dengan baik." katanya. (*)