Mudik gratis bersama BUMN jalur laut berangkatkan ratusan orang

id KM Sabuk Nusantara 37

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Amran melepas peserta mudik gratis bersama BUMN di Padang. Antara Sumbar/istimewa.

Kalau bisa mudik gratis ini tak hanya dari Teluk Bayur Padang ke Mentawai, tapi juga ke Pulau Nias
Padang, (Antaranews Sumbar) - Program mudik gratis bersama BUMN jalur laut menggunakan KM Sabuk Nusantara 37 yang diselenggarakan PT Semen Padang bekerja sama dengan PT Pelni telah memberangkatkan 400 pemudik hingga 9 Juni 2018 dengan rute Padang-Mentawai.

"Dari target 1.000 orang hingga saat ini sudah hampir separoh warga yang bisa diangkut, kami optimistis pada pemberangkatan terakhir bisa mencapai target," kata Penanggung Jawab Mudik Gratis BUMN untuk Negeri, Delfi Adri di Padang, Senin.

Ia mengatakan ada empat kloter dalam mudik gratis ini dan untuk kloter pertama dan kedua telah diberangkatkan pada 1 Juni dan 5 Juni.

Sedangkan untuk kloter ketiga, diberangkatkan pada 9 Juni dan yang keempat pada 12 Juni 2018.

Untuk kloter ketiga KM Sabuk Nusantara 37 berangkat menuju menuju Sioban, Sikakap, Pasapuat, kembali lagi ke Sioban, dan terus ke Tua Pejat, Penasehan, dan balik lagi ke Pelabuhan Teluk Bayur pada 11 Juni 2018.

"Pada kloter ketiga ini, total pemudik yang diangkut KM Sabuk Nusantara 37 berjumlah sekitar 100 orang, kata dia.

Sementara, Kepala KSOP Pelabuhan Teluk Bayur Padang Nazarwin mengatakan terobosan yang dilakukan PT Semen Padang dan PT Pelni dalam rangka mudik gratis ini, patut diapresiasi.

Ia berharap mudik gratis bersama BUMN ini bisa dikembangkan lagi untuk tahun depan.

"Kalau bisa mudik gratis ini tak hanya dari Teluk Bayur Padang ke Mentawai, tapi juga ke Pulau Nias," ujarnya.

Kepala Biro CSR PT Semen Padang Muhamad Ikrar mengingatkan pemudik berhati-hati selama berlayar dengan Kapal KM Sabuk Nusantara 37.

"Orang tua yang membawa anak-anak diharapkan untuk mengawasi keselamatan anak-anaknya, keselamatan harus nomor satu," kata dia.

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Amran juga mengapresiasi sinergi yang dilakukan PT Semen Padang dan PT Pelni karena program mudik gratis ini bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya berharap BUMN lain yang berkantor di Sumbar, juga ikut ambil bagian untuk menyukseskan mudik gratis bersama ini," katanya.

Terpisah Direktur Utama PT Semen Padang, Yosviandri mengatakan animo masyarakat untuk mudik gratis bersama BUMN ini cukup tinggi .

PT Semen Padang sebagai bagian dari Semen Indonesia Group, akan mengupayakan agar program mudik gratis ini kembali diadakan tahun depan, ujar dia. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar