IKPM Sumbar gelar Minangkabau Internasional Scout Camp II di Tanah Datar

id Eka Putra Wirman

Ketua IKPM Gontor Cabang Sumbar, Eka Putra Wirman. (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat)

Peserta dari luar negeri seperti Iran dan Azerbaijan serta dari beberapa negara di Asia. Selain itu beberapa peserta dalam negeri berasal dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan lainnya
Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Ikatan Keluarga Besar Modern (IKPM) Gontor Cabang Sumatera Barat, kembali menggelar kegiatan perkemahan Minangkabau Internasional Scout Camp II (MISC II) yang akan dilaksanakan pada 10 hingga 17 November 2018.

Ketua IKPM Gontor Cabang Sumbar, Eka Putra Wirman saat dihubungi dari Batusangkar, Jumat, mengatakan kegiatan tersebut direncanakan akan dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar dengan memilih lokasi di Bumi Perkemahan Pagaruyuang.

Ia menyebutkan kegiatan MISC II ini nantinya akan diikuti oleh peserta pramuka yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Jumlah peserta dari luar negeri dialokasikan sebesar 20 persen dari jumlah total peserta secara keseluruhan.

"Peserta dari luar negeri seperti Iran dan Azerbaijan serta dari beberapa negara di Asia. Selain itu beberapa peserta dalam negeri berasal dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan lainnya," kata dia.

Ia menambahkan bentuk materi kegiatan yang akan dilaksanakan di antaranya scout jolly game, tanggap bencana, jelajah alam serta wisata.

Pada kesempatan tersebut peserta juga akan mengikuti pentas seni budaya serta mengenalkan nilai sejarah budaya Minangkabau ke peserta yang datang dari berbagai daerah dan negara tersebut.

"Bagi pembina pramuka akan digelar seminar yang bertujuan menjalin Ukhuwah Islamiyah, mewarisi nilai-niai luhur dan mengenalkan sejarah budaya Minangkabau ke generasi selanjutnya, baik lokal maupun Internasional,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi turut mendukung terselenggaranya kegiatan MISC II yang akan digelar di Bumi Perkemahan Pagaruyuang tersebut.

"Kami mendukung terselenggaranya acara MISC yang kedua kalinya dan terima kasih telah memilih Tanah Datar sebagai lokasi terselenggaranya acara ini,” katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar