Wagub apresiasi gerakan nagari madani digalakan di Agam

id Wagub

Wagub apresiasi gerakan nagari madani digalakan di Agam

Wagub Nasrul Abit menyerahkan bantuan kepada pengurus masjid Taqwa Jamil Jambek, Palupuh Agam. (Ist)

Agam, (Antaranews Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengapresiasi gerakan nagari madani yang digalakan di Kabupaten Agam, yang penekanan pada kehidupan beragama.

"Kondisi sekarang pendidikan agama memang satu-satu benteng bagi generasi muda, karena begitu banyak godaan yang mempengaruhi mulai dari perkembangan teknologi dan bahaya obat terlarang," kata Nasrul Abit di Jorong Lariang, Nagari Nan Tujuah, Kecamatan Palupuah, Agam, Jumat malam.

Pengaruh lain yang terus membayangi generasi muda, tingkat kriminalitas yang begitu banyak disuguhi melalui media elektronik dan media sosial.

Generasi muda sekarang disibukan dengan telepon pintar, yang banyak menyuguhkan apalikasi bisa membuat lalai.

Justru itu, kata Wagub, program untuk pengalaman dan mempelajari Al Quran bagi generasi muda, seperti Agam tentu langkah yang tepat.

"Kita bersyukur generasi di Sumbar dalam belajar agama masih menggunkaan logika, dan tidak membabi buta," katanya.

Dalam kesempatan itu, Wagub menyinggung juga terkait dengan kembali ke nagari agar bisa mengembangan konsep sesuai dengan adat dan budaya.

Sebab, pemerintah menghendaki dengan sistem tetap selalu muncul semangat kebersamaan, tradisi gotong royong yang sudah membudaya sejak dulunya.

Tim safari ramadhan yang dipimpin Wagub, turut mendampingi Kadis Kelautan dan Perikanan provinsi, Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kadis PSDA, Dinkes Sumbar, Biro Humas dan Bintal.

Dalam kesempatan itu, Wagub menyerahkan bantuan senilai Rp20 juta, tiga bal tikar, Alquran dan kain sarung kepada pengurus masjid.

Wakil Bupati Agam Triada Farhan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan tim safari ramadhan provinsi.

Terkait aspirasi pembangunan jalan yang disampaikan tokoh masyarakat, Farhan menanggapi sudah dimasukan pada program 2019.

Pihaknya berjanji, secara bertahap pembangunan jalan tembus ke Kumpulan Pasaman akan diprogramkan melalui anggaran APBD kabupate.

Dalam kesempatan itu, Wabup juga mengungkap akan meningkatkan alokasi anggaran untuk program gerakan nagari madani.

"Tahun ini sudah dialokasikan Rp200 juta untuk capaian nagari tertinggi hasil dari penilaian,"ujarnya.*