Musliar Kasim terpilih sebagai ketua ICMI Sumbar

id ICMI Sumbar,Musliar Kasim

Ketua ICMI Jimly Asshidiqie (tengah) memberikan pataka kepada Ketua ICMI Sumbar periode 2018-2023 Musliar Kasim (kanan) di Auditorium UNP Kota Padang, Selasa. (ANTARA SUMBAR/Mario S Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Mantan Wakil Menteri Pendidikan RI Musliar Kasim terpilih sebagai Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sumatera Barat periode 2018-2023.

Musliar Kasim dilantik langsung oleh Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat di Padang, Selasa.

Ia menggantikan ketua sebelumnya Marlis Rahman yang telah tiga periode menjabat sebagai ketua ICMI Sumbar.

"Orang Sumatera Barat ini tidak haus dengan jabatan, terutama untuk menjadi Ketua ICMI Sumbar karena tidak ada yang bersedia menjadi ketua selanjutnya," kata Ketua ICMI Sumbar Musliar Kasim dalam sambutannya.

Menurut dia ICMI memiliki peran tersendiri dalam pembangunan umat karena dapat mengajak seluruh elemen masyarakat

"ICMI berbeda dengan ormas Islam lainnya karena kami dapat mengajak seluruh kalangan untuk menyatukan visi membangun bangsa ini," kata dia.

Musliar juga mengatakan ICMI juga berperan penting dalam mengembangkan konsep Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS SBK).

Untuk tingkat nasional ICMI juga berperan melahirkan bank syariah pertama yaitu Bank Muamalat dan pengembangan BMT yang berpusat di masjid-masjid.

"Kiprah ICMI begitu luar biasa dan kami berharap dapat mengemban amanah ini dengan baik dan dapat membangun umat secara bersama-sama,” ujarnya.

Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie mengatakan konsep yang dimiliki oleh lembaga ini sejak dulu adalah Imtaq dan Iptek Iman dan ketaqwaan seseorang harus seimbang dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajarinya.

"Kami ingin agar konsep ini dihidupkan kembali dan dapat memberikan dampak besar bagi bangsa," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar