Pengungsi Gunung Sinabung dapat bantuan token listrik dari PLN

id PLN

Pengungsi Gunung Sinabung dapat bantuan token listrik dari PLN

PT PLN (Persero). (Antara)

bantuan token itu merupakan program bina lingkungan PLN yang diberikan gratis selama setahun bagi 286 rumah hunian sementara dengan nilai Rp279 juta
Medan, (Antaranews Sumbar) - Para pengungsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara mendapat bantuan token listrik dan bibit tanaman yang diberikan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Sumut, Abdul Rahman di Medan, Selasa, mengatakan, bantuan token itu merupakan program bina lingkungan PLN yang diberikan gratis selama setahun bagi 286 rumah hunian sementara dengan nilai Rp279 juta.

Kemudian, diberikan juga bantuan bibit tanaman berupa bibit tomat, cabai, pupuk organisasi senilai Rp220 juta agar pengungsi mudah melaksanakan proses pertaniannya.

Penyerahan bantuan tersebut disaksikan Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi, Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali, Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto, General Manager PLN se-Sumatera, dan Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali mengatakan, semua pihak telah mengetahui jika Gunung Sinabung telah mengalami erupsi cukup lama sehingga mengakibatkan dampak kerusakan pada lingkungan sekitarnya.

Erupsi tersebut telah mengubah status Gunung Sinabung menjadi level IV (empat) atau "awas" dan mengakibatkan banyak tempat tinggal yang dikosongkan warga untuk mengungsi, serta banyak lahan warga yang rusak.

Lahan yang ditinggalkan tersebut merupakan lahan pertanian yang menjadi sumber pencaharian utama warga sehingga berdampak pada perekonomian warga di sekitar Gunung Sinabung.

Berdasarkan kondisi itu, PLN berupaya membantu melalui program "PLN Peduli" dengan memberikan CSR untuk membangun perekonomian masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Sinabung dengan memberikan bantuan berupa token listrik dan bibit tanaman secara gratis.

"Kami berharap bantuan iti dapat mendukung kegiatan ekonomi dan membantu pengungsi untuk mulai menata perekonomian keluarga kembali sehingga memperkecil kesenjangan antara penghasilan dan standar kebutuhan hidup yang layak pascaerupsi," ujar Muhamad Ali.

Selain itu, PLN juga memberikan bantuan bibit tanaman untuk rehabilitasi lahan pertanian di Desa Tiganderket yang merupakan desa terdekat dengan lokasi Gunung Sinabung.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan token listrik dari PLN yang telah lama diharapkan masyarakat.

Bantuan dari PLN Peduli itu diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung agar masyarakat dapat menikmati listrik untuk aktivitas kesehariannya.

"Terima kasih kepada pemerintah dan PLN yang telah peduli kepada masyarakat dan lingkungannya. Semoga langkah PLN dapat mendorong dan memotivasi perusahaan lainnya untuk memberikan bantuan," katanya.(*)