Kodim Pesisir Selatan siap capai target penanaman padi gogo

id Kodim Pesisir Selatan,Prajurit TNI Tanam Padi,Kodim Tanam Padi Gogo

Kodim Pesisir Selatan siap capai target penanaman padi gogo

Komandan Kodim 0311/Pesisir Selatan, Letkol. Arh. Wahyu Akhadi. ( (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0311/Pesisir Selatan, Sumatera Barat berupaya mewujudkan capaian tanam padi gogo atau padi darat di daerah itu pada 2018 dengan melibatkan seluruh jajarannya.

Komandan Kodim 0311/Pesisir Selatan, Letkol. Arh. Wahyu Akhadi di Painan, Sabtu, menyebutkan saat ini melalui komunikasi intensif antara prajurit dengan para petani didapatkan ratusan hektare lahan yang bisa digunakan untuk ditanami padi gogo.

Ia menyebutkan pengerahan jajarannya dalam menemukan petani yang berkeinginan menyukseskan program tersebut akan terus dilanjutkan. "Kami optimistis tercapai karena selain padi gogo juga ada jagung gogo dan juga kedelai gogo, hanya tinggal masyarakat maunya menanam apa dan apa jenis tanaman yang cocok di areal milik mereka," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan setempat, Jumsu Trisno menyebutkan daerah itu pada 2018 mendapat target menanam 26 ribu hektare padi gogo, 35 ribu hektare jagung gogo dan 20 ribu hektare kedelai gogo.

Menurutnya pada pertengahan Februari 2018 melalui kerja sama dengan Kodim setempat pihaknya telah mendapat areal tanam padi gogo seluas sekitar tiga ribu hektare, areal tanam jagung seluas 20 ribu hektare, sementara kedelai lahan yang didapatkan baru dua ribu hektare.

"Mudah-mudahan dengan menggandeng Kodim, kelompok tani hingga gabungan kelompok tani target yang dibebankan bisa tercapai," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sumatera Barat, Candra menyebutkan awalnya direncanakan penanaman padi gogo seluas 8.620 hektare di 15 kabupaten/kota di provinsi itu.

Namun setelah rapat bersama Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian dengan pertimbangan banyaknya lahan yang terlantar dan bisa dimanfaatkan maka luas lahan ditambah menjadi 200 ribu hektare.

Penanaman padi gogo merupakan salah satu upaya meningkatkan produksi padi dengan memanfaatkan lahan kering dan tidak produktif. (*)