Persiapan UNBK harus maksimal

id UNBK

Persiapan UNBK harus maksimal

Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Anton Yondra. (ANTARA SUMBAR/Syahrul Rahmat)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Anton Yondra meminta sekolah dan pihak terkait memaksimalkan persiapan menjelang pelaksanaan ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018.

"Pihak sekolah harus menyiapkan peserta didik dengan maksimal demi kelancaran pelaksanaan UNBK tahun ini," katanya di Batusangkar, Senin.

Ia menyebutkan selain sekolah yang mempersiapkan kemampuan peserta didik dalam menghadapi ujian, peran serta orang tua juga sangat penting dalam persiapan pelaksanaan ujian tersebut.

Menurutnya orang tua merupakan pihak yang akan mengawasi anak di luar jadwal pendidikan formal yang berlangsung di sekolah dan keduanya saling mendukung untuk kelancaran UNBK di Tanah Datar.

"Peran serta sekolah dan orang tua dalam persiapan serta pengawasan peserta didik merupakan poin penting agar pelaksanaan UNBK berjalan lancar," ujarnya.

Baca juga: 36 SMP/MTs di Tanah Datar siap mengikuti UNBK 2018

Sekalipun demikian, ia mengakui saat ini belum semua sekolah yang bisa mengikuti UNBK karena keterbatasan peralatan berupa komputer serta ketersedian jaringan internet.

Hal tersebut menurutnya hendaklah menjadi perhatian bagi pemerintah daerah untuk pelaksanaan UNBK pada tahun-tahun ke depan, agar segala kekurangan dapat segera terlengkapi.

"Untuk tahun-tahun mendatang kita mengharapkan agar semakin banyak sekolah yang akan mengikuti UNBK," kata dia.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tanah Datar, Abrar mengatakan untuk daerah Tanah Datar terdapat sebanyak 36 Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat yang akan mengikuti ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018.

"Jumlah tersebut terdiri dari 23 SMP dan 13 MTs negeri dan swasta, dan jumlah ini sudah mengalami peningkatan dari tahun lalu," katanya.