Satia Bagdja jadi pelatih timnas putri, RD: dia memang pantas

id Satia Bagdja pelatih timnas putri

Satia Bagdja jadi pelatih timnas putri, RD: dia memang pantas

Rahmad Darmawan (tengah). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ss/ama/13.) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ss/ama/13./)

Secara kualitas Satia Bagdja pantas menjabat sebagai pelatih tim nasional. Ini kesempatan yang baik baginya untuk mengembangkan karier
Gianyar, Bali, (Antaranews Sumbar) - Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan (RD) mendukung penunjukan Satia Bagdja, yang membantunya selama bertahun-tahun sebagai asisten pelatih di berbagai klub maupun tim nasional, menjadi pelatih tim nasional putri Indonesia. Menurutnya, Satia memiliki kemampuan mumpuni menangani tim nasional putri.

"Secara kualitas dia pantas menjabat sebagai pelatih tim nasional. Ini kesempatan yang baik baginya untuk mengembangkan karier," ujar Rahmad di Gianyar, Bali, Kamis.

Pelatih berusia 51 tahun itu pun berharap Satia Badja mampu melakukan perbaikan di skuadnya nanti dan meningkatkan prestasi timnas putri.

"Kalau performa timnas putri semakin baik berarti ada peningkatan prestasi," tutur dia.

Sebelumnya, pada Rabu (14/2), Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi menunjuk Satia Bagdja melatih tim nasional putri yang sebelumnya ditangani Rully Nere.

"Satia Bagdja kami pilih karena beliau berpengelaman menjadi pelatih dan juga instruktur. Kami berharap tim sepak bola wanita Indonesia bisa tampil kompetitif di ajang Piala AFF maupun Asian Games 2018," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha.

Di timnas putri, Satia nantinya didampingi Alex sebagai asisten pelatih dan Beny Van Breukelen yang menjadi pelatih kiper.

Satia Bagdja sendiri dikenal sangat dekat dengan pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan dan hampir selalu mengikuti Rahmad sebagai asisten pelatih. Dia pun sudah mengantongi lisensi A AFC.

Satia adalah asisten pelatih ketika Rahmad menjabat pelatih kepala di Persikota Tangerang, Arema Malang, Persebaya Surabaya, Persija, timnas U-23 pada tahun 2011-2013 dan terakhir di klub Malaysia T-Team.

Mereka baru berpisah jalan saat Rahmad menangani Sriwijaya FC untuk Liga 1 musim 2018.

Adapun sepanjang tahun 2018, timnas putri Indonesia akan menghadapi dua turnamen yang seluruhnya digelar di Indonesia yaitu Piala AFF Wanita pada Juni-Juli 2018 dan Asian Games 2018 di bulan Agustus.