42 karya seni rupa dipamerkan pada HPN

id HPN,Pameran Seni Rupa,HPN Sumbar

42 karya seni rupa dipamerkan pada HPN

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (ANTARA SUMBAR/Fathul Abdi)

Padang , (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 42 karya seni rupa dipamerkan dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang digelar di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis.

"Saya sangat mengapresiasi karya-karya yang dipamerkan. Sumbar merupakan yang berpotensi di bidang seni rupa, banyak seniman besar yang lahir dari daerah ini," kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid, di Padang, Kamis.

Untuk itu, katanya, diperlukan upaya bersama untuk memajukan dan mengenalkan potensi itu secara luas, terutama dari pelaku seni sendiri.

Ia mengatakan pemerintah juga terus melakukan upaya untuk memajukan seni serta kebudayaan tersebut secara nasional

Sementara kurator pameran, Murhayadi mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk memperkenalkan karya-karya dari seniman Sumbar.

Sebanyak 42 karya seni rupa yang dipamerkan, terdiri dari karya lukis, batik, patung, dan lainnya.

Ia menyampaikan beberapa dari karya tersebut adalah karya yang sudah menasional.

Smentara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, mengapresiasi kegiatan pameran yang terangkum dalam peringatan HPN 208 itu.

"Kami berharap HPN ini bisa menjadi sarana publikasi yang luas untuk kemajuan seni rupa di Sumbar. Karena di samping potensi, publikasi adalah sesuatu yang sangat penting," katanya.

Pameran itu juga mendapatkan respon positif dari perupa muda yang tergabung dalam komunitas Rumah Ada Seni (RAS) Padang.

"Pamerannya menarik, baik dari jenis karya serta jumlah karya yang cukup banyak. Sepain itu kami melihat dukungan pemerintah untuk kesenian mulai terlihat, itu pertanda baik," kata Ketua RAS, Yusuf Fadli Aser.

Pameran tersebut dilangsungkan delapan hari beruturut-turut yaitu 1 hingga 9 Februari. Selain seni rupa, di tempat yang sama yaitu Taman Budaya Sumbar juga digelar pameran kebudayaan.

Ratusan pengunjung yang datang pada haru pembukaan, tampak sangat antusias menyaksikan karya-karya yang tersaji. (*)