Hubungan Indonesia-Australia Lebih dari Sekedar Persahabatan, kata Konjen RI Sydney

id Yayan GH Mulyana

Hubungan Indonesia-Australia Lebih dari Sekedar Persahabatan, kata Konjen RI Sydney

Konsul Jenderal RI Sydney, Yayan GH Mulyana. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Konsul Jenderal RI Sydney Yayan GH Mulyana menegaskan bahwa hubungan antara Indonesia dan Australia yang telah terjalin lama lebih dari sekadar pertemanan dan persahabatan, demikian keterangan Konsulat Jenderal RI (KJRI) Sydney diterima di Jakarta, Senin.

Hal tersebut disampaikan Yayan Mulyana kepada lebih dari 40 orang pengurus dan anggota Gerakan Pramuka New South Wales (Scouts NSW) dan anggota Dewan Pemuda Nasional Australia atau Australia National Youth Council (NYC) yang mengunjungi Wisma Indonesia, di Rose Bay, Sydney pada Jumat (15/9).

"Indonesia dan Australia adalah belahan jiwa, bukan sekadar berteman dan bersahabat," ujar Konjen Yayan Mulyana.

Kunjungan Organisasi Kepramukaan NSW dan NYC ke KJRI Sydney dipimpin oleh Ketua Komisioner Pramuka Australia Cabang NSW, Neville Tomkins.

"Kunjungan teman-teman dan adik-adik ke Wisma Indonesia merupakan salah satu refleksi dari kuatnya people to people contact, khususnya scouts to scouts antara Indonesia dan Australia," kata Konjen.

Kerja sama resmi antara Gerakan Pramuka Indonesia dan Perhimpunan Pramuka Australia atau "The Scout Association of Australia" ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman pada 3 Oktober 2013 yang bertujuan membangun saling pengertian antara gerakan pramuka kedua negara. (*)