Putera Puteri Bahari Perkenalkan Potensi Kabaharian

id Duta bahari

Putera Puteri Bahari Perkenalkan Potensi Kabaharian

Malam grand final pemilihan putera puteri bahari Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (30/7). (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat/17)

Padang, (Antara Sumbar) - Ajang pemilihan Putera Puteri Bahari Kota Padang, Sumatera Barat, diharapkan dapat menjadi duta yang akan memperkenalkan segala potensi kebaharian di daerah setempat.

Salah seorang juri pemilihan Putera Puteri Bahari Kota Padang, Harfiandi Damanhuri di Padang, pada Minggu malam (30/7) mengatakan pemilihan putra putri bahari adalah untuk menanamkan dan menumbuhkembangkan semangat kebaharian dalam jiwa generasi muda.

"Jadi nantinya akan ada sepasang putera-puteri yang akan memperkenalkan potensi bahari Kota Padang ke masyarakat luas," katanya.

Ia menyebutkan seluruh peserta dinilai berdasarkan kemampuan akademiknya tentang kebaharian mulai dari batas-batas laut hingga ekosistem laut dan upaya-upaya konservasi atau perlindungan biota laut.

Lebih jelasnya mereka harus memiliki pengetahuan tentang deklrasi Juanda yang membahas batas teritorial dimana laut adalah pemersatu, serta pemahaman tentang alur lalu lintas kelautan dalam upaya menjadi poros maritim dunia

"Mereka juga harus punya pemahaman tentang archipelago state negara kasatuan dari pulau-pulau yang sudah dideklarasikan sejak kerajaan Majapahit tentang nusantara," katanya.

Selain itu Harfiandi yang juga dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta (UBH) Padang mengatakan generasi muda bahari juga harus berkontribusi untuk masyarakat.

"Nantinya mereka juga dituntut ikut mendorong peningkatan perekonomian masyarakat dimana potensi bahari itu berada," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang yang sebelumnya mempersiapkan kegiatan ini, Zalbadri menyebutkan putera-puteri bahari nantinya juga dituntut untuk bisa mengedukasi masyarakat dalam menjaga kelestarian laut.

"Mereka harus mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian biota-biota laut yang dilindungi sebagai potensi bahari yang ada di kota ini," katanya.

Pada pemilihan ini yang terpilih menjadi putera puteri bahari Kota Padang adalah Bima Yulianto dan Anisma Pebrina, kemudian Ilpake Pasca dan Defni Sri Melisa sebagai runner up 1 serta M Ilham Rein dan Putri Larasati sebagai runner up 2. (*)