Pemprov Diminta Jaga Kestabilan Harga Pangan Jelang-Ramadhan

id Achiar

Pemprov Diminta Jaga Kestabilan Harga Pangan Jelang-Ramadhan

Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Achiar. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Achiar meminta pemerintah provinsi (pemprov) setempat agar menjaga kestabilan harga pangan dan kebutuhan bahan pokok menjelang Ramadhan 1438 Hijriah.

"Stabilnya harga kebutuhan pokok di pasaran bergantung pada jumlah pasokan yang tersedia sehingga hal itu harus dijaga mulai dari sekarang," katanya di Padang, Selasa.

Ia menambahkan naiknya harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan dan lebaran sudah menjadi persoalan yang terjadi setiap tahunnya sehingga perlu perhatian dinas perdagangan dan badan urusan logistik provinsi setempat.

Oleh sebab itu, pihaknya mendorong pemprov agar benar-benar mengawasi hal tersebut agar masyarakat juga tidak mengeluhkan harga kebutuhan pokok naik menjelang Ramadhan.

"Pemprov melalui dinas terkait harus turun ke lapangan dan memantau langsung harga yang ada di pasaran saat ini," ujarnya.

Ia juga mengingatkan pemprov bahwa inflasi di daerah itu cukup rentan pada komoditas pangan seperti cabai.

"Pada tahun lalu cabai pernah menjadi pemicu inflasi di provinsi ini," sebutnya.

Achiar berharap tahun ini harga bahan pokok di provinsi itu dapat stabil dan tidak ada masyarakat yang mengeluh karena harga pangan naik.

Sebelumnya Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Heri Nofiardi mengatakan pihaknya akan melakukan operasi pasar jika harga pangan bergejolak.

"Kita koordinasi dengan berbagai instansi dan kabupaten/kota untuk operasi pasar ini," tambahnya.

Sampai saat ini, menurut dia harga kebutuhan pokok seperti beras, gula, dan daging masih normal.

Selain itu pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi kendala distribusi dan penimbunan kebutuhan pokok ini. (*)