Sumbar Minta Dukungan Pusat Perluas Bandara Rokot

id Bandara, Rokot, Mentawai

Sumbar Minta Dukungan Pusat Perluas Bandara Rokot

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit meminta dukungan Kementerian Perhubungan RI untuk perluasan Bandara Rokot, Kabupaten Mentawai, guna menunjang sektor pariwisata di daerah itu.

"Kita sudah sampaikan hal tersebut pada Kementerian Perhubungan dalam Rapat Koordinasi Nasional Bidang Kemaritiman 2017 di Sasana Griya TMII Jakarta hari ini," katanya dihubungi dari Padang, Kamis.

Menurut dia, dalam rapat yang dihadiri sejumlah kementerian, gubernur se-Indonesia, bupati/wali kota se-Indonesia dan instansi terkait Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan tanggapan positif terkait rencana perluasan bandara tersebut.

"Menteri menyampaikan pihaknya segera menugaskan Dirjen Perhubungan Udara turun langsung ke lokasi untuk melihat persyaratan dan persiapan pembangunan Bandara Rokot Mentawai," katanya.

Tanggapan positif itu sangat disyukuri karena bandara tersebut diyakini akan meningkatkan jumlah wisatawan ke Sumbar, terutama Mentawai.

Selama ini landasan bandara itu hanya sepanjang 800 meter dan baru bisa melayani penerbangan pesawat kecil kapasitas 12 penumpang. Keadaan itu membuat wisatawan lebih memilih menggunakan transportasi kapal dari Padang ketimbang pesawat.

Diharapkan setelah perluasan landasan bertambah menjadi 1.600 meter sehingga bisa didarati pesawat berbadan besar dan wisatawan bisa lebih cepat menuju salah satu detinasi wisata bahari Sumbar itu.

Menurut Nasrul Abit, selain dalam rapat koordinasi itu, pihaknya juga telah menyampaikan proposal perluasan bandara tersebut ke Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Mentawai merupakan salah satu daerah yang memiliki pantai dan ombak yang bagus, sesuai untuk olahraga selancar. Ribuan wisatawan, didominasi asing, mengunjungi daerah itu untuk berselancar setiap tahun. (*)