Sekum Muhammadiyah: Almarhum Hasyim Muzadi Sosok Santun

id Abdul Mu'ti

Sekum Muhammadiyah: Almarhum Hasyim Muzadi Sosok Santun

Sektetaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Sektetaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengenal pribadi KH Hasyim Muzadi yang baru saja tutup usia sebagai sosok yang santun.

"KH Hasyim adalah sosok ulama, pemimpin Muslim dan tokoh bangsa yang sangat alim, santun, teguh pendirian, moderat dan bersahaja. Secara pribadi saya sangat kehilangan," kata Mu'ti saat dihubungi dari Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan Hasyim juga seorang yang akrab tanpa melihat selisih usia. Banyak hal yang bisa dicontoh dari kebaikan sosok Hasyim yang pernah menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut.

"Secara pribadi saya dekat dengan beliau. Walaupun usianya sangat jauh di atas saya, tapi beliau sangat akrab dan dalam berkomunikasi dan berinteraksi seperti tidak ada perbedaan usia," kata dia.

Mu'ti mengakatakan dirinya kerap berada dalam satu forum dengan KH Hasyim. Dia mengaku banyak belajar dari sosok Hasyim yang santun dan memiliki kepribadian yang baik.

Dalam beragama, kata dia, KH Hasyim adalah sosok yang moderat, terbuka dan teguh pendirian. Kecintaan dan pembelaannya terhadap Islam sangat tinggi.

Hasyim yang merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden, kata dia, tetap mampu membangun hubungan baik dengan pihak yang berbeda pendapat dan keyakinan.

Menurut dia, KH Hasyim tidak segan menyatakan pendapat yang sesuai dengan prinsip Islam. Bagi almarhum, perbedaan bukan penghalang untuk membangun persahabatan.

"Selamat jalan Kiai Hasyim. Semoga Allah menempatkannya di surga. Semoga lahir generasi yang melanjutkan perjuangannya," kata dia. (*)