Ketum AMI Kukuhkan AMIDA Sumbar

id AMIDA, Sumbar, Dikukuhkan

Ketum AMI Kukuhkan AMIDA Sumbar

Museum Adityawarman. (antarasumbar)

Padang, (AntaraSumbar) - Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) mengukuhkan Asosiasi Museum Indonesia Daerah (AMIDA) Sumatera Barat (Sumbar) pada Rabu (5/8) dan kepala Museum Adityawarman terpilih sebagai ketua AMIDA Sumbar.

"Dalam satu tahun ini kami sudah berkeliling Indonesia untuk mewujudkan dan mengukuhkan AMI dari Aceh hingga Papua, untuk minggu ini dikukuhkan adalah AMIDA Sumbar," kata Ketua Umum AMI, Putu Supadma Rudana di Padang, Rabu.

Pengukuhan AMIDA Sumbar tersebut dilakukan pada pembukaan acara pameran ragam pesona kain tradisional nusantara yang didakan di Museum Adityawarman. Kepala Museum Adityawarman, Noviyanti dilantik sebagai Ketua AMIDA Sumbar.

Ia menjelaskan, tujuannya adalah untuk menjadi mitra strategis pemerintah daerah, khususnya dalam mengembangkan dan membangun permusiuman di daerah.

Menurutnya, selama ini yang menjadi tantangan terbesar museum di Indonesia adalah negeri sendiri yang belum secara maksimal memuliakan permuseumannya.

"Jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga, mereka sudah melakukan konsep manajemen permusiuman yang luar biasa," jelasnya.

Untuk itu, katanya, harus dibuat komitmen bersama dari pemerintah pusat, daerah, AMI pusat dan daerah untuk bekerja sama dalam membangun museum yang lebih baik.

Ia menyebutkan, sudah ada kurang lebih AMIDA yang sudah dikukuhkan yaitu, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Banten, DKI, DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Karena kawasan taman mini memiliki lebih dari 20 museum, sangat penting memiliki asosiasi museum kawasan yang setara dan sejajar dengan AMIDA," ujarnya.

Ia berharap, kedepannya museum dapat bermanfaat bagi semua pihak, karena museum merupakan rumah tertinggi kebudayaan dan sumber inspirasi semua pihak. (cpw9)