DDS dan Padang United Membangun Karakter Melalui Sepak Bola

id DDS dan Padang United Membangun Karakter Melalui Sepak Bola

PADANG - Dompet Dhuafa Singgalang resmi menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Sekolah Sepak Bola (SSB) Padang United di Lapangan PJKA Jati Padang Timur, Rabu (18/12). Kerjasama ini berpusat ke perhatian khusus pada pendidikan anak-anak dhuafa. Nantinya, Dompet Dhuafa Singgalang akan memberikan fasilitas informasi kebeasiswaan di Dompet Dhuafa kepada anak-anak Padang United yang sebagian besar merupakan ansk-anak berekonomi lemah.

Dikatakan pendiri SSB Padang United, Miko Kamal, berdirinya SSB ini awalnya merupakan kepedulian terhadap pendidikan karakter anak-anak sekarang, khususnya mereka yang berekonomi lemah. Di samping belajar Sepak Bola dan dilatih oleh orang-orang yang berpengalaman, SSB juga memperhatikan aspek penanaman karakter kepada anak didiknya.

"Moto kami Jujur Peduli Berprestasi. Selain gigih menggapai prestasi, anak-anak Padang United harus menjaga dan mengaktualkan sifat jujur dalam bertindak, baik di dalam maupun luar lapangan," terangnya.

Dilanjutkannya, peduli juga adalah sifat dasar yang dilekatkan oleh Allah SWT kepada setiap manusia yang diciptakan-Nya. Dengan Memupuk sifat peduli, anak-anak tidak hanya peduli dengan dirinya sendiri tapi juga peduli dengan orang lain atau lingkungannya. Dalam praktik, anak-anak SSB Padang United memiliki ritual membersihkan lapangan dari sampah sebelum latihan dimulai. Membersihkan sampah adalah bagian dari kepedulian, misalnya, peduli terhadap nasib tukang sampah yang bergaji kecil.

"Insyaallah prestasi anak-anak yang belajar sepak bola di SSB Padang United akan diraih dengan jalan berlatih serius serta senantiasa mengaktualkan nilai kejujuran dan kepedulian," katanya.

Hingga saat ini SSB Padang United sudah melatih 90 siswa. Dilatih oleh mantan pemain-pemain Semen Padang dan mereka yang berpengalaman di dunia kesepakbolaan. Biaya sekolahnya murah, manfaatnya plus.

Sementara itu, Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra juga mengungkapkan bahwa pendidikan karakter di lapangan ini dapat berdampak plus bagi perkembangan kepribadian anak. Karakter-karakter yang coba ditumbuhkan dalam latihan pun bisa menjadi pelajaran bagi para orangtua yang seringkali melihat langsung latihan anaknya.

"Di tangan generasi muda inilah kualitas negara kita, berhasil kita mendidik mereka agar manjadi orang sukses yang baik, maka masa depan bangsa ini akan cerah," pungkasnya. (winda)