Gubernur: Lestarikan Semangat Pendiri Muhammadiyah

id Gubernur: Lestarikan Semangat Pendiri Muhammadiyah

Padang, (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berpandangan perlu dilestarikan semangat pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan yang memiliki karakter sederhana, pemikir, pejuang, ulama dan terbuka.
Hal ini disampaikan Irwan Prayitno pada peringatan milad satu Abad Muhammadiyah tingkat Sumatera Barat yang dipusatkan di Gor Zaini Zean, Painan, Kabuupaten Pesisir Selatan, Sabtu.
Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPP Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Bupati Nasrul Abit, Ketua DPW, DPD kab/kota se-Sumbar serta beberapa Kepala SKPD dilingkuangan Pemkab Pessel.
Menurut dia, dengan berpegang teguh karakter yang dicerminkan dengan kepribadian KH. Ahmad Dahlan itu tentu Muhammadiyah akan terus berjaya sebagai simbol pemersatu umat menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.
Tidak bisa dipungkiri Muhammadiyah lahir dalam semangat perjuangan kemerdekaan bangsa yang dengan dakwah dan pendidikan terus meningkatkan kesadaran dan kemampuan SDM masyarakat Indonesia.
Muhammadiyah boleh lahir di Yogyakarta, kata dia, akan tetapi kenyataan besar di Sumbar, maka semua pihak mestinya membangunan dan memperlihatkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari karakteristik Muhammadiyah tersebut.
"Kita berharap Muhammadiyah selalu dan tetap berkerja sama dengan pemerintah daerah dan memberikan kotribusinya mewujudkan pembangunan Sumbar yang Mandiri, Adil dan Sejahtera," ujarnya.
Muhammadiyah bersama ormas lainnya, tambahnya, telah ikut serta memajukan pembangunan Sumbar, dengan terus meningkatkan keharmonisan, mengembangkan diri turut kelapangan melalui dakwah kepada masyarakat, merupakan bahagian dari memajukan syiar Islam.
Selain itu, memajukan pikiran masyarakat serta menyukseskan pembangunan yang telah, sedang dan akan dilakukan bagi kemajuan Sumbar.
Ketua DPP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas dalam ceramahnya menyampaikan, Muhammadiyah dengan semangat tekad Amar Makruf Nahimungkar akan tetap memberikan yang terbaik bagi kemajuan dan kejayaan bangsa Indonesia.
Muhammadiyah akan terus menciptakan kader-kader bangsa yang sesuai dengan karakter kepribadian yang telah diberikan KH. Ahmad Dahlan.
Dalam cacatan sejarah, kata dia, bahwa beberapa doa-doa KH. Ahmad Dahlan telah dikabulkan oleh Allah SWT.
Pertama tumbuh besarnya Muhammadiyah hingga hari ini, Kedua Muhammadiyah memiliki peran dalam memajukan bangsa dan masyarakat, hal ini terlihat dari amal usaha, pendidikan dan kesehatan yang dilakukan oleh warga Muhammadiyah diseluruh pelosok tanah air, ungkapnya.(sir)
Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar