Pariaman (ANTARA) -
Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) Hendri menerima tanda penghargaan Lencana Darma Bakti dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka karena dinilai telah menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk gerakan Pramuka. 
 
Penghargaan Lencana Darma Bakti tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 131 Tahun 2024 Tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Darma Bakti. 
 
Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Kwartir Daerah 03 Sumbar Audy Joinaldi, atas nama Ketua Kwarnas pada Apel Besar Hari Pramuka ke-63 sekaligus Pembukaan Jambore Daerah X Tahun 2024 Gerakan Pramuka Sumbar di Lapangan Kodim 0304, Kota Bukittinggi, Selasa (20/8). 
 
“Alhamdulillah, kami mendapatkan penghargaan Lencana Darma Bakti dari Kwartir Nasional, tentunya penghargaan ini menjadi kebanggaan bagi kami, dan semoga akan melecut semangat kami untuk memajukan Pramuka Kota Pariaman kedepannya,” kata Hendri di Pariaman, Rabu. 
 
Hendri yang juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Pariaman tersebut mengatakan dedikasinya untuk Pramuka bukan mencari penghargaan tetapi sebuah kecintaan. 
 
Namun meskipun begitu, ia menyampaikan rasa syukurnya karena dedikasinya selama ini mendapatkan apresiasi dari Gerakan Pramuka Kwartir Nasional. 
 
“Semoga momentum Jamda (jambore daerah) yang sekaligus peringatan Hari Pramuka ke 63 tingkat Sumbar ini, akan menjadikan Pramuka sebagai oganisasi yang dicintai kaum muda," ujarnya. 
 
Menurutnya dengan Pramuka semakin dicintai kaum muda maka dapat membentuk karakter muda bangsa yang unggul dan berprestasi, serta memegang teguh Pancasila, dan bersatu dalam wadah NKRI. 
 
Sebelumnya, Kwartir Cabang (Kwarcab) 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mengirimkan 24 orang anggotanya yang berasal dari SMP dan SD untuk mengikuti Jambore Daerah X yang dilaksanakan di Kota Bukittinggi mulai dari 19 sampai 24 Agustus 2024.
 
"Sebelumnya kami sudah melaksanakan Jambore Cabang untuk menyeleksi adik-adik yang akan ikut Jambore Daerah, dan kami telah memilih 24 orang," kata Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka 16 Kota Pariaman, Hendri saat pelepasan peserta jambore di Pariaman.
 
Ia mengatakan 24 orang tersebut terdiri dari 12 putra dan 12 putri yang merupakan utusan dari SMP sebanyak 20 orang dan 4 orang dari SD. Menurutnya peserta jambore dari Pariaman tersebut merupakan putra dan putri utusan terbaik dari sejumlah sekolah di daerah itu. 
 
Ia meminta kepada anggota Pramuka dari Pariaman yang akan mengikuti Jambore yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Bukit Apit Puhun, Kota Bukittinggi tersebut menjadikan kegiatan itu sebagai momentum untuk menambah ilmu dan pengalaman. 
 
 
 

Pewarta : Aadiaat MS
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024