Sawahlunto (ANTARA) -
Sebanyak 10 orang pelajar dari Kota Sawahlunto, Sumatera Barat mengikuti ASEAN Edu Tourism Workshop 2024 di Malaysia.
 
Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Sawahlunto Eko Novianto, di Sawahlunto, Jum'at menyampaikan kegiatan mengirimkan pelajar ke Malaysia tersebut merupakan kolaborasi bersama antara Persatuan Homestay Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat dan Negeri Trengganu Malaysia.
 
"Para pelajar kita ini akan belajar tentang bagaimana pengelolaan homestay, pariwisata dan pendidikan di Trengganu Malaysia. Sekaligus membawa misi menjadi duta wisata Sawahlunto, yakni mempromosikan kekayaan wisata dan sejarah kota kita untuk diceritakan kepada masyarakat di Malaysia," katanya.
 
Ia menyebut 10 orang pelajar Sawahlunto itu akan berada di Malaysia sejak 24-28 Juni 2024 nanti. Dengan sejumlah lokasi pembelajaran seperti di Universitas Malaysia Trengganu, Universitas Sultan Zainal Abidin dan Museum Negeri Trengganu.
 
"10 orang pelajar Sawahlunto ini terdiri dari lima orang dari SMA Negeri 1 Sawahlunto, tiga orang dari SMA Negeri 2 Sawahlunto, satu orang dari SMA Negeri 3 Sawahlunto dan satu orang dari SMK Negeri 1 Sawahlunto," ujar dia merinci.
 
Eko menyebut tingkat antusias pelajar Sawahlunto untuk mengikuti program tersebut cukup tinggi, sehingga karena pendaftar yang ikut melebihi kuota maka pihaknya melakukan seleksi.
 
Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan melepas secara resmi 10 orang pelajar tersebut dan berpesan supaya mereka dapat menjaga sikap dan tindakan dengan baik selama di negara tetangga itu.
 
"Adik-adik di sana menjadi cermin dari Sawahlunto dan Indonesia, kalau adik-adik berperilaku tidak baik maka orang akan menganggap Indonesia juga tidak baik. Makanya kita berharap adik-adik bisa mengemban amanah menjadi duta Sawahlunto dan Indonesia ini dengan baik," kata dia.
 
Kepada para pendamping yang berjumlah tiga orang guru, Pj Wali Kota Fauzan Hasan mengamanahkan agar dapat mengawasi dan membantu para pelajar itu terutama untuk kesehatan dan perilaku sehari-hari. 

Pewarta : Yudha Ahada
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024