Padang, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 11 kabupaten dan kota di Sumatera Barat direndam banjir akibat hujan yang mengguyur daerah itu sejak Kamis malam hingga Jumat pagi.
   "Perkembangan terbaru  daerah yang terendam banjir sampai saat ini adalah  adalah Kabupaten Tanah Datar, Limapuluh Kota, Pesisir Selatan, Pasaman,  Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam, Kepulauan Mentawai, Sijunjung, Kota Sawahlunto, dan Kabupaten Solok,”  kata Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman di Padang, Jumat.
    Ia menyampaikan terkait kesiapsiagaan bencana, Pemerintah Provinsi telah  telah mengeluarkan edaran melalui surat Nomor 360/1223/BPBD/X-2018 perihal Peningkatan Kesiapsiagaan Aparatur Masyarakat terhadap Bencana, tertanggal  1 Oktober 2018.
     Melalui surat itu, Gubernur meminta para kepala daerah untuk melakukan koordinasi dan menyiapkan langkah-langkah teknis dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan aparatur dan masyarakat terhadap bencana di wilayah masing-masing, kata dia.
    Ia menyampaikan berdasarkan pertimbangan atas tingginya curah hujan beberapa hari terkakhir, Gubernur juga  mengimbau juga para kepala daerah untuk meningkatkan kewaspadaan.
    Bupati dan wali kota diminta melakukan antisipasi  terhadap kemungkinan terjadinya banjir dan tanah longsor, kata dia
     Selain itu juga diminta agar seluruh daerah mengaktifkan Posko Penanggulangan Bencana 1x24 jam setiap hari dan agar seluruh kepala daerah  aktif berkoordinasi melalui SKPD terkait dengan daerah lain dan Pemprov untuk saling memberikan informasi kondisi di daerah masing-masing.
    Kepada masyarakat, terutama yang tinggal di daerah perbukitan dan lembah, juga diimbau agar mewaspadai kemungkinan terjadinya tanah longsor.
    Jika curah hujan tinggi dan intensitasnya lama, direkomendasikan pada masyarakat untuk segera mencari tempat yang tidak berisiko terdampak banjir dan tanah longsor,ujarnya.
    Kepada para pengendara, agar berhati-hati saat berkendara karena jalan licin. Waspadai  jalanan yang kanan kirinya  ada perbukitan atau lembah,” kata dia. (*)
Baca juga: 875 kepala keluarga di Pasaman Barat terisolasi akibat jembatan Putus
Baca juga: Tim BPBD Pasaman Barat masih berupaya evakuasi para korban banjir
Baca juga: Banjir juga merendam 50 unit rumah di Agam

Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor : Joko Nugroho
Copyright © ANTARA 2024