Bukittinggi, (Antara Sumbar ) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera Barat (Sumbar) merangkul dai yang ada di provinsi itu  berpartisipasi meredam radikalisme.

"Sebanyak 150 dai se-Sumbar kami rangkul untuk  meningkatkan kinerja penanggulangan terorisme dengan memberikan pencerahan dan langkah-langkah pencegahan dini terorisme," kata Kabid Humas  dan Media FKPT Sumbar, Eko Yanche Edrie di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Kamis.

Ia mengatakan dalam pembekalan tersebut hadir  sebagai narasumber   guru besar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara  Prof Syahrin Harahap, peneliti dari The Nusa Institute, Mas’ud Halimin

 Kemudian akademisi IAIN Imam Bonjol Padang  Dr Zaim Rais,  dan Kepala  Kesbangpol Sumbar Zul Aliman yang dipandu oleh Kabid Humas FKPT Sumbar   Eko Yanche Edrie dan aktifis pemuda dan dakwah Agus Rianto. 

Menurutnya melalui kegiatan tersebut diharapkan para da’i mampu memainkan peran yang lebih signifikan dalam membentengi masyarakat dari penyebaran paham radikal dan terorisme dengan dakwah yang baik dan benar sesuai  nilai-nilai utama Islam.

FKPT Sumbar akan terus menggalang kekuatan seluruh komponen  masyarakat untuk menghadang radikalisme dan terorisme dengan  memberikan informasi yang berimbang serta melakukan pencegahan dini, katanya yang juga menjabat Sekum PWI Sumbar.

Ia berharap para dai menjadi ujung tombak  penyebaran Islam damai dan mencegah penyebaran paham radikal di masyarakat.


Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024