KPU Agam jadwalkan debat Pilkada 9-16 November

id Kpu agam

KPU Agam jadwalkan debat Pilkada 9-16 November

Empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Agam. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menjadwalkan pelaksanaan debat calon bupati dan wakil bupati yang maju saat Pilkada pada 9-16 November 2024.

"Rencananya pelaksanaan debat calon bupati dan wakil bupati dilaksanakan dua kali pada 9-16 November," kata Koordinator Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Agam Zainal Abadi di Lubuk Basung, Sabtu.

Ia mengatakan debat calon bupati dan wakil bupati tersebut dilaksanakan di studio TVRI Sumbar di Kota Padang.

Untuk pendukung yang hadir dibatasi sebanyak 10 orang masing-masing tim pasangan calon yang bisa masuk dalam studio saat debat tersebut.

Ditambah 20 orang masing-masing tim pasangan calon yang bisa nonton bareng di luar studio.

"Ini untuk kelancaran kegiatan debat calon bupati dan wakil bupati, sehingga berjalan dengan lancar," katanya.

Ia menambahkan saat ini panelis belum dibentuk dan KPU Agam sedang merumuskan tema debat.

"Rencananya tema debat tersebut selesai pada Jumat (1/11)," katanya.

Ia mengakui debat ini dalam rangka menyebarluaskan profil, visi, dan misi, serta program kerja para pasangan calon kepada pemilih dan masyarakat.

Selain itu memberikan informasi secara menyeluruh kepada pemilih sebagai salah satu pertimbangan pemilih dalam menentukan

pilihannya; dan menggali lebih dalam dan luas atas setiap tema yang diangkat dalam kegiatan debat publik atau debat terbuka.

Debat bakal diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati. Nomor urut satu pasangan atas nama Guspardi Gaus-Yogi Yolanda diusul Partai Hanura, PKB, PDI P, Buruh dan Ummat. Pasangan nomor urut dua atas nama Benni Warlis-Muhammad Iqbal diusul PKS dan PPP.

Sedangkan nomor urut tiga atas nama Andri Warman-Martias Wanto diusul PAN, Golkar, Gerinda dan PBB. Pasangan nomor urut empat atas nama Irwan Fikri-Asra Faber diusul Partai NasDem dan Demokrat.