KPU Agam: kesehatan empat pasangan calon memenuhi syarat

id KPU Agam

KPU Agam: kesehatan empat pasangan calon memenuhi syarat

Ketua KPU Agam Herman Susilo sedang memberikan keterangan menjelang pemeriksaan kesehatan bakal calon. Dok Antara/Yusrizal

Lubuk Basung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyatakan kesehatan empat pasangan calon bupati dan wakil bupati setempat yang maju pada Pilkada serentak 2024 memenuhi syarat

"Ini berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan dari empat pasangan calon di Rumah Sakit Universitas Andalas Padang," kata Ketua KPU Agam Herman Susilo di Lubuk Basung, Kamis.

Ia mengatakan KPU Agam mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan ke empat pasangan calon tersebut pada Rabu (4/9).

Sebelumnya empat pasangan calon melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit Unand Padang dengan jadwal selama tiga hari.

Untuk hari pertama pada Jumat (30/8), pemeriksaan kesehatan pasangan calon atas nama Guspardi Gaus-Yogi Yolanda diusung PDIP, PKB, Hanura, Ummat dan Buruh.

Pada hari kedua Sabtu (31/8), pemeriksaan kesehatan pasangan calon atas nama Benni Warlis-Muhammad Iqbal yang diusung PKS dan PPP. Irwan Fikri-Asra Faber diusung Partai Demokrat dan NasDem.

Hari ketiga Senin (2/9), pasangan calon atas nama Andri Warman-Martias Wanto diusung PAN, Gerindra dan PBB.

"Pemeriksaan kesehatan dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai beberapa jam kedepan," katanya.

Ia menambahkan pemeriksaan kesehatan itu dimulai dari jasmani, narkotika dan rohani.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan di Rumah Sakit Unand Padang itu. Ini berdasarkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Agam, setelah KPU Agam melakukan koordinasi.