KPU Padang Panjang dampingi Paslon cek kesehatan di RSUP M. Djamil Padang

id KPU Padang Panjang

KPU Padang Panjang dampingi Paslon cek kesehatan di RSUP M. Djamil Padang

Tiga paslon walikota dan wakil walikota Padang Panjang jalani pemeriksaan kesehatan di RSUP M. Djamil Padang (Kanan : Edwin-Albert, Nasrul Naga-Eri, Hendri Arnis-Alex) (ANTARA/ Isril).

Padang Panjang (ANTARA) - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 kota Padang Panjang Sumatera Barat, diikuti tiga pasangan calon walikota dan calon wakil walikota yang diusung gabungan partai politik.

Ketiga pasangan calon tersebut berdasarkan jadwal pendaftaran di KPU Padang Panjang adalah Hendri Arnis-Alex Saputra diusung gabungan partai PAN dan Golkar, Nasrul Naga-Eri diusung partai Gerindra, Demokrat, PBB dan PKB, Edwin-Albert diusung partai Nasdem dan PKS.

Hari ini ketiga pasangan calon walikota dan wakil walikota tersebut menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUP M. Djamil Padang dengan rentang waktu 8 jam yang di mulai sejak pukul 07:00 WIB pagi tadi, Sabtu (31/8).

Komisioner KPU Padang Panjang Masnaidi, menyebutkan untuk pemeriksaan kesehatan calon walikota dan wakil walikota Padang Panjang pada Pilkada serentak 2024 adalah di RSUP M. Djamil.

"Tiga pasangan calon menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai syarat wajib pada pemilihan kepala daerah, bagaimana hasil pemeriksaan kesehatan ini, akan disampaikan KPU Padang Panjang, setelah hasil pemeriksaan oleh pihak rumah sakit pada 4 September mendatang dan tanggal 5-6 disampaikan kepada masing-masing pasangan calon," kata Masnaidi.

Dipilihnya RSUP M. Djamil Padang tempat pemeriksaan kesehatan calon walikota dan calon wakil walikota Padang Panjang, sudah melalui mekanisme.

"Jauh sebelumnya kami dari KPU melakukan survey terkait fasilitas pemeriksaan kesehatan calon termasuk mengetahui dokter yang akan melakukan pemeriksaan terhadap pasangan calon," kata dia.

Sebelum jadwal pemeriksaan kesehatan pasangan calon, KPU Padang Panjang, meminta daftar nama dokter yang akan melaksanakan pemeriksaan terhadap pasangan calon ke pihak RSUP M. Djamil Padang.

"Sebelum pemeriksaan kesehatan pasangan calon, kita minta daftar nama dokter yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan pasangan calon, setelah itu kami mencari tahu apakah dokter bersangkutan memiliki hubungan kekerabatan atau tidak dengan pasangan calon, setelah memastikan semua tidak ada yang memiliki hubungan kekerabatan dengan pasangan calon baru KPU melakukan MoU dengan pihak rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pasangan calon," jelas Masnaidi.

Masnaidi, menambahkan pemeriksaan kesehatan pasangan calon bagian penting yang harus dijalani. Karena calon kepala daerah harus sehat jasmani, rohani dan bebas dari narkoba.

"Seorang kepala daerah harus sehat jasmani, rohani dan terbebas dari narkoba, karena mereka akan melayani masyarakat banyak jika terpilih nanti," kata Masnaidi.

Sementara itu hingga pukul 15:00 WIB sore tadi, ketiga pasangan calon walikota dan calon wakil walikota Padang Panjang tersebut masih menjalani pemeriksaan kesehatan di tiga ruang berbeda di lantai 1, lantai 2 dan lantai 3 RSUP M. Djamil Padang.