Puskesmas Pesisir Selatan lakukan Survei Vektor DBD dan PSN

id Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan,Survei Vektor DBD pessel

Puskesmas Pesisir Selatan lakukan Survei Vektor DBD dan PSN

Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan,  Kabupaten Pesisir Selatan melakukan kegiatan Survei Vektor DBD (Demam Berdarah Dengue) dan PSN  (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di Nagari Simpang Gunung  Tapan,  Rabu (28/8). 

Painan (ANTARA) - Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan kegiatan Survei Vektor DBD (Demam Berdarah Dengue) dan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di Nagari Simpang Gunung Tapan, Rabu (28/8).

Kepala Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Idris, SKM mengatakan, Survei Vektor DBD dilakukan setelah adanya laporan mengenai warga yang terkena DBD.

Kemudian dilanjutkan dengan koordinasi dengan Bidan Desa dan Staf wali nagari yang ikut serta mendampingi secara langsung saat kunjungan door to door .

Kegiatan Survei Vektor DBD ini meliputi penelusuran latar belakang penderita DBD, mulai dari hasil diagnosis, tempat tinggal, riwayat perjalanan, kegiatan sehari-hari.

"Kegiatan Survei Vektor DBD ini bertujuan untuk mengetahui potensi penularan dan penyebaran DBD lebih lanjut serta tindakan penanggulangan yang perlu dilakukan di wilayah sekitar tempat tinggal penderita, " ungkapnya.

Kemudian dilanjutkan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang merupakan salah satu tindakan pengendalian vektor penyakit yang bertujuan untuk memantau populasi nyamuk dan mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang mengakibatkan terjadinya DBD.

Pemeriksaan jentik nyamuk dilakukan dengan cara mencari dan mengidentifikasi jentik nyamuk di berbagai tempat penampungan air yang menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk, seperti bak mandi, ember, dan tempat penampungan air hujan.

Selain itu juga memberikan edukasi tentang cara pencegahan DBD, dan mengajarkan cara menghilangkan tempat perkembangbiakan nyamuk yang merupakan penyebar virus DBD.

Kegiatan ini dilakukan secara kolaborasi antar program surveilans, kesling, DBD, Promkes, Bidan Desa dan didampingi Staf wali nagari diantaranya : Arnaldi,SKM. Ronaldi Pebrian, SKM, Jeni afrita Amd, Keb dan oksa oktaviani,Amd,Kep

"Diharapkan dengan adanya survei vektor dan PSN DBD dapat menjadi salah satu upaya penanggulangan kasus DBD dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya PSN 3M plus, " katanya.