KPU Agam terima empat pasangan calon maju Pilkada

id KPU Agam,pilkada 2024 agam,berita agam,berita sumbar

KPU Agam terima empat pasangan calon maju Pilkada

Ketua KPU Agam Herman Susilo sedang memberikan keterangan terkait pendaftaran bakal calon. Dok Antara/Yusrizal

Lubuk Basung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menerima empat pasangan calon bupati dan wakil bupati yang maju pada Pilkada serentak 2024 hingga hari terakhir pendaftaran, Kamis (29/8) sekitar pukul 23.59 WIB.

"Ada empat pasangan calon mendaftar ke KPU selama tiga hari pendaftaran," kata Ketua KPU Agam Herman Susilo di Lubuk Basung, Jumat.

Ia mengatakan ke empat pasangan calon itu dari kehadiran pertama atas nama Benni Warlis-Muhammad Iqbal dengan partai politik pengusung PKS dan PPP pada Selasa (27/8) pukul 14.16 WIB.

Lalu Irwan Fikri-Asra Faber disusung Partai Demokrat dan NasDem pada Rabu (28/8) pukuli 15.52 WIB.

Dilanjutkan Guspardi Gaus-Yogi Yolanda yang diusung PDI P, Hanura, PKB, Buruh dan Ummat pada Kamis (29/8) pukul 14.51 WIB.

Setelah itu Andri Warman-Martias Wanto diusung PAN, Gerindra, Golkar dan PBB pada Kamis (29/8) pukul 16.55 WIB.

"Seluruh dokumen persyaratan semua calon lengkap dan status pendaftaran diterima," katanya.

Ia menambahkan tahapan selanjutnya pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati dimulai pada Jumat (30/8).

Setelah proses pemeriksaan kesehatan, dilanjutkan verifikasi administrasi terkait dengan berkas pasangan calon yang telah diberikan pada 2 September 2024.

"Verifikasi apakah sah ataupun benar sesuai dengan yang telah diatur oleh regulasi terkait ijazah, surat keterangan yang telah dikeluarkan oleh kepolisian, pengadilan dan pihak-pihak yang lainnya," katanya.