Pendaftaran Cawako Bukittinggi dibuka, KPU ingatkan aturan

id Pendaftaran Cawako Bukittinggi ,KPU Bukittinggi

Pendaftaran Cawako Bukittinggi dibuka, KPU ingatkan aturan

Komisioner KPU Bukittinggi, Rifa Yanas. KPU mengingatkan aturan teknis pendaftaran calon kepala daerah di Kota Bukittinggi (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Pendaftaran Calon Wako dan Wawako Bukittinggi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah dibuka dimulai hari ini hingga Kamis (29/8). Ribuan pendukung masing-masing calon diprediksi ikut ambil bagian mengantarkan jagoannya ke Kantor KPU Pasar Atas Bukittinggi.

"KPU ingatkan kembali aturan sesuai rapat koordinasi agar segala sesuatu menyangkut keamanan dan ketertiban selama proses pendaftaran bakal pasangan calon Wali Kota dan wakil Wali Kota Bukittinggi ke kantor KPU," kata Komisioner KPU Bukittinggi, Rifa Yanas, Selasa (27/8).

KPU mengingatkan pihak yang diperbolehkan masuk ke ruang pendaftaran hanya bakal pasangan calon (Bapaslon), LO atau penghubung partai dan Ketua beserta Sekretaris Parpol.

"Kami mohon pengertian para pendukung maupun simpatisan, terutama Ninik Mamak dan pemuka masyarakat untuk bersedia mengantar Bapaslon cukup sampai di halaman kantor KPU Bukittinggi," kata Rifa.

KPU menyediakan layar videotron di area luar kantor dengan kursi dan tenda agar para pendukung bisa menyaksikan kegiatan pendaftaran yang sedang berlangsung dalam kantor.

"Proses pendaftaran juga akan ditayangkan dengan live streaming di kanal media sosial KPU Bukittinggi,"

KPU Bukittinggi juga memfasilitasi jumpa pers untuk masing-masing Bapaslon setelah sesi pendaftaran selesai.

"Kami harap pengertian rekan-rekan media untuk meliput di sekitaran area yang sudah disesuaikan," kata Rifa.

Sama dengan sebelumnya, Taman Jam Gadang hingga Jalan Minangkabau dipastikan akan penuh sesak hingga ke Kantor KPU yang berada berdekatan dengan gerbang Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK).

Kepala Dinas Perhubungan Bukittinggi, Yogi Astarian mengungkap penutupan jalan dilakukan menyesuaikan kondisi di lapangan.

"Hari ini belum ada rencana penutupan, dan nanti kondisinya tentatif menyesuaikan dengan tingkat keramaian," kata Yogi.

Dari informasi sementara, Pasangan Nofil Anoverta-Frisdoreja akan mendaftar pada Rabu (28/8) jam 15.00 WIB.

Pasangan Ramlan Nurmatias-Ibnu Asis mendaftar di Kamis (29/8) jam 09.00 WIB disusul Erman Safar-Heldo Aura pada jam 15.00 WIB di hari yang sama.