Pemkab Pasaman Barat raih penghargaan UHC Award 2024

id Keberhasilan meraih UHC

Pemkab Pasaman Barat raih penghargaan UHC Award 2024

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi saat menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 dari BPJ Kesehatan, Kamis (8/8/2024). Antara/HO-Diskominfo Pasaman Barat. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 dari BPJS Kesehatan yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin.

"Penghargaan ini menunjukkan komitmen kami dalam menyediakan layanan kesehatan bagi seluruh warga," kata Kepala Dinas Kesehatan Hajran Huda di Simpang Empat, Jumat.

Ia mengatakan penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi atas upaya Pemkab Pasaman Barat dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan memastikan seluruh masyarakatnya terdaftar dalam program tersebut.

Penghargaan itu, katanya, diterima Bupati Pasaman Barat Hamsuardi didampingi Kepala BPJS Kesehatan setempat Fuad Cahyadi di The Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (8/8).

Menurutnya, Pasaman Barat menjadi salah satu dari 460 kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil meraih predikat UHC.

Sejak 2 Januari 2023, Pasaman Barat telah menerapkan program UHC yang memungkinkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di berbagai fasilitas kesehatan, termasuk puskesmas, RSUD, RS Ibnu Sina, dan rumah sakit lainnya yang bekerja sama dengan BPJS.

Ia menyampaikan pencapaian ini tidak terlepas dari komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Ia menekankan penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemkab Pasaman Barat untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan memastikan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang berkelanjutan.

"Penghargaan ini adalah bukti nyata dedikasi dan kerja keras Pemkab Pasaman Barat dalam memastikan seluruh warganya mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak serta mendapatkan akses pelayanan kesehatan tanpa terkendala biaya," ujarnya.

Ia menjelaskan hingga tahun 2024 sekitar 97,24 persen dari total 441.773 penduduk Pasaman Barat, atau sekitar 429.579 orang telah terdaftar dalam program JKN-KIS.

Angka itu menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam akses masyarakat terhadap layanan kesehatan.

"Kami terus berupaya meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi seluruh warga Pasaman Barat. Program UHC yang kami terapkan sejak Januari 2023 telah membawa dampak positif, dengan semakin banyaknya masyarakat yang memanfaatkan layanan kesehatan gratis," sebutnya.