BBPMP Sumbar gelar Visit Media di Padang Panjang

id BBPMP Sumbar,berita sumbar,berita padang panjang

BBPMP Sumbar gelar Visit Media di Padang Panjang

BBPMP Sumbar sosialisasikan program prioritas Merdeka belajar Kemendikbudristek. (ANTARA/ Isril)

Padang Panjang (ANTARA) - .Merdeka belajar sebagai program kebijakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah mengeluarkan 26 episode dan hanya 10 episode yang menjadi tanggung jawab Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP), hal itu dikatakan Suprianto dari BBPMP Sumatera Barat, pada Media Visit sosialisasi program-program prioritas Kemendikbudristek di Dinas pendidikan Kota Padang Panjang Sumatera Barat, Rabu (31/7).

“Target kita adalah bagaimana program prioritas bisa disosialisasikan yakni 26 program prioritas Kemendikbudristek, tapi BBPMP hanya mensuport 10 episode saja. Dengan melibatkan media lokal kita berharap program prioritas Kemendikbudristek ini dapat dipahami secara luas oleh masyarakat,” kata Suprianto.

Menurut Suprianto, program merdeka belajar, memberikan pilihan kepada peserta didik sesuai kemampuan dan bakat yang dimiliki.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang Muji Siswanto, pada kesempatan tersebut menyebutkan karena belum tentu semua masyarakat paham tentang program merdeka belajar, maka sangat perlu disosialisasikan.

“Perlu sekali disampaikan bahwa target-target belajar itu yang harus terpenuhi, dengan program-program prioritas ini semuanya ada dalam satu sistim dan menjadi satu kesatuan karena semua terkontrol seperti guru, kepala sekolah dan pengawas,” kata Muji Siswanto.

Menurut Muji Siswanto, dengan 26 episode program prioritas Kemendikbudristek diharapkan tidak adalagi anak yang tidak terlayani termasuk juga dikegiatan sekolah inklusi.

“Di Padang Panjang dulu ada beberapa yang ditunjuk sebagai sekolah inklusi, namun sekarang semua sekolah wajib menerima anak disabilitas, dengan membentuk Unit Layanan Disabilitas (ULD) dengan melibatkan Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan termasuk dalam penanganan anak dengan adanya psikolog, guru GBK, guru BK,” jelas Muji Siswanto.

Ia menambahkan dengan 26 episode program prioritas Merdeka belajar, masng-masing sekolah memiliki planning masing-masing dan orang tua memiliki banyak pilihan ke sekolah mana anaknya akan disekolahkan.

Visit Media BBPMP Sumbar diikuti media beberapa lokal yang ada di kota Padang Panjang, peserta yang dibekali pengetahuan tentang masing-masing program prioritas merdeka belajar khususnya 10 episode yang menjadi tanggung jawab Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP) Sumbar.